PROSES IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA TERHADAP REHABILITASI TERSANGKA NARKOTIKA DI POLDA JAWA TENGAH

Naufal Alif Yafi, Muhammad (2021) PROSES IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA TERHADAP REHABILITASI TERSANGKA NARKOTIKA DI POLDA JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301609698_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pergaulan dalam bernegara tidak hanya menimbulkan pengaruh yang bersifat positif tetapi juga negatif. Pengaruh negatif ini harus dihadapi dan bahkan memerlukan pencegahan atau penanggulangan melalui instrumen hukum. Pengaruh yang bersifat positif sangat menunjang kelangsungan pemerintahan negara untuk mensejahterakan warganya sebagai mana yang di amanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945). Pengaruh yang bersifat negatif merupakan hambatan atau kendala yang dihadapi oleh negara untuk mencapai tujuannya. misalnya, kejahatan di bidang narkotika, korupsi dan gangguan keamanan negara (terorisme/pemberontakan). Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Implementasi Rehabilitasi Tersangka pecandu dan korban penyalahgunaan Narkotika sehingga dapat mengetahui apa saja hambatan yang di peroleh serta solusi yang di berikan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng. Sedangkan manfaat dari penelitian ini untuk memberi wawasan bagi pembaca terhadap perkembangan ilmu hukum pada umumnya dan perkembangan penerapan sanksi Rehabilitasi Tersangka Narkotika di Tinjau dari Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Penelitian ini adalah deskriptif analisi yaitu penilititian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap analisis data adalah mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Rehabilitasi Tersangka pecandu dan penyalahgunaan Narkotika di Jawa Tengah dapat melalui dua cara yaitu dengan mekanisme Rehabilitasi dengan proses assessment dan mekanisme Rehabilitasi dengan proses pengadilan. Serta masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui bahwa Rehabilitasi bagi pengguna Narkotika semua biayanya di tanggung oleh Pemerintah atau gratis. Sedangkan upaya solusi yang di lakukan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat daerah Jawa Tengah. Saran yang diberikan agar adanya Kerjasama yang baik antara Instansi penegak Hukum baik dari Kepolisian, Panti Rehabilitasi, dan Badan Narkotika Nasional (BNN), yaitu harus adanya pengawasan yang ketat dalam proses Penyidikan ataupun assessment yang di lakukan oleh pihak Kepolisian, Dokter, dan Psikolog agar tidak terjadi manipulasi terhadap hasil assessment yang sangat berpengaruh terhadap seorang pecandu dan penyalahgunaan Narkotika yang dimana menentukan apakah seorang pecandu dan penyalahgunaan Narkotika dapat dilakukan Rehabilitasi atau di masukan ke dalam penjara. Kata Kunci: Rehabilitasi, Tersangka Narkotika, Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:53
Last Modified: 06 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22679

Actions (login required)

View Item View Item