PELAKSANAAN MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Demak Pada Tahun 2019 - 2020)

Arsyad, Ahmad (2021) PELAKSANAAN MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Demak Pada Tahun 2019 - 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
S1 Syariah_30501502690_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mediasi adalah upaya perdamaian yang wajib dilaksanakan di pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri sesuai dengan peraturan terbarunya yaitu PERMA Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi Pengadilan. Selanjutnya dalam skripsi ini ada 2 hal yang dikaji yaitu bagaimana pelaksanaan mediasi dalam perspektif maslahah dan tinjauan maslahah pada pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama Demak. Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan bagaimana pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama Demak Tahun 2019-2020 dan bagaimana kaitannya dengan perspektif maslahah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan (field research) atau jenis penelitian lapangan, adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer seperti wawancara dan data sekunder yang didapat dari kepustakaan seperti dokumen, arsip, buku-buku dan lain sebagainya. Adapun penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif ialah metode penelitian yang menjelaskan serta menginterprestasikan obyek sesuai yang terjadi. Dalam penelitian ini, selanjutnya akan didiskripsikan secara sistematis serta faktual tentang mediasi di Pengadilan Agama Demak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan dan tahapan mediasi di Pengadilan Agama Demak sudah dilaksanakan secara baik dan sesuai dengan prosedur yang telah diatur dalam PERMA Nomor 1 Tahun 2016, Meskipun begitu ada beberapa faktor yang menyebabkan keberhasilan mediasi pada perkara perceraian di Pengadilan Agama Demak cenderung masih rendah, hal tersebut disebabkan karena perkara perceraian meliputi persoalan hati (non kebendaan), karena pihak yang datang ke Pengadilan Agama untuk mengajukan perkara perceraian biasanya sudah mencapai puncak dalam permasalahannya sehingga jalan yang mereka pilih yaitu dengan cara di persidangan. Selain itu, masih belum ada iktikad baik dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan perkaranya dengan jalur damai. Tidak kalah pentingnya terkait masih rendahnya tingkat keberhasilan mediasi yaitu keengganan advokad untuk mendorong kliennya menyelesaikan perkara melalui proses mediasi. Pengadilan Agama Demak bekerja sama dengan beberapa Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang sudah terakreditasi dan memiliki seorang Mediator yang telah bersertifikasi guna memperlancar dan meningkatkan keberhasilan dalam proses mediasi. Kemudian untuk perspektif maslahah, mediasi tetap ada kemaslahatanya yaitu terletak pada manfaat yang diperolehnya. Diantaranya ialah ketika mediasi tidak berhasil setidaknya dapat mengurangi konflik diantara para pihak. Meskipun dalam prakteknya kemaslahatan mediasi akan lebih besar jika mediasi bisa mencapai kesepakatan damai. Kata kunci : Pelaksanaan mediasi, Perceraian, Maslahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:47
Last Modified: 02 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item