PERAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA SURAT KUASA MEMBEBANKAN HAK TANGGUNGAN TERHADAP AGUNAN TANAH YANG BELUM BERSERTIPIKAT PADA BANK BPR KARYA REMAJA KABUPATEN INDRAMAYU

ROKHMAH, SITI (2021) PERAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA SURAT KUASA MEMBEBANKAN HAK TANGGUNGAN TERHADAP AGUNAN TANAH YANG BELUM BERSERTIPIKAT PADA BANK BPR KARYA REMAJA KABUPATEN INDRAMAYU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21301900099_fulldoc.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran notaris semakin penting bagi masyarakat Indonesia saat ini yang perekonomiannya terus berkembang. Masyarakat menggunakan jasa notaris untuk memberikan kepastian hukum dalam bidang perikatan maupun perjanjian. SKMHT adalah singkatan dari Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan. Surat kuasa ini diberikan oleh pemberi hak tanggungan kepada kreditor sebagai penerima hak tanggungan untuk membebankan hak tanggungan atas objek hak tanggungan. SKMHT ini merupakan surat kuasa khusus yang memberikan kuasa khusus kepada kreditor untuk membebankan hak tanggungan. Surat ini wajib dibuat dengan akta notaris atau akta PPAT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran Notaris dalam pembuatan Akta Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan terhadap agunan tanah yang belum bersertipikat pada Bank BPR Karya Remaja Kabupaten Indramayu. Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi Notaris dan upaya solusi dalam pembuatan Akta Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan terhadap agunan tanah yang belum bersertipikat pada Bank BPR Karya Remaja Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang berkaitan dengan teori kepastian hukum dan kewenangan. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa peran Notaris dalam pembuatan akta Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) terhadap agunan tanah yang belum bersertipikat pada Bank BPR Karya Remaja Kabupaten Indramayu dalam prakteknya Notaris membuatkan SKMHT sesuai Pasal 15 UUHT untuk mengikat jaminan atas tanah-tanah yang belum bersertipikat yang akan dijadikan jaminan, dan telah memenuhi sebagaimana yang telah ditentukan dalam Pasal 38 UUJN terkait awal Akta, badan Akta, dan penutup Akta. Adapun hambatan yang dihadapi Notaris dalam pembuatan akta SKMHT terhadap agunan tanah yang belum bersertipikat pada Bank BPR Karya Remaja Kabupaten Indramayu adalah a). Faktor penghambat dari pihak Bank, yaitu Belum lengkapnya dokumen, b). Faktor Penghambat dari Pihak Debitur yaitu masalah besaran biaya. c). Kredit Macet. Adapun Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah : a). Memberi waktu 7 hari kerja untuk melengkapi dokumen dari pihak Bank atau nasabah. b). Dilakukan negosiasi biaya dengan Notaris, c). Kehati-hatian pihak Bank dalam memberikan kredit. Kata Kunci : Notaris, Hak Tanggungan, SKMHT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:59
Last Modified: 02 Jun 2022 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item