AKIBAT HUKUM PERCERAIAN TERHADAP HARTA BERSAMA DI PENGADILAN AGAMA DAN PRAKTEKNYA PADA MASYARAKAT KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Sumber Nomor 1912/Pdt.G/2019/PA.Sbr)

KOMARUDIN, KOMARUDIN (2021) AKIBAT HUKUM PERCERAIAN TERHADAP HARTA BERSAMA DI PENGADILAN AGAMA DAN PRAKTEKNYA PADA MASYARAKAT KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Sumber Nomor 1912/Pdt.G/2019/PA.Sbr). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21301900086_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perceraian bukan saja dikarenakan hukum agama dan perundang-undangan, tetapi juga berakibat sejauh mana pengaruh budaya malu dan kontrol dari masyarakat, pada masyarakat yang kekerabatannya sangat kuat, perceraian adalah kata sulit yang dikeluarkan tetapi pada masyarakat yang memiliki kelemahan sistem kekerabatannya maka akan mudah terjadi perceraian. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menjelaskan akibat hukum perceraian terhadap harta bersama di pengadilan agama dan prakteknya pada masyarakat Kabupaten Cirebon dengan Putusan Pengadilan Agama Sumber Nomor 1912/Pdt.G/2019/PA.Sbr. Untuk mengetahui dan menjelaskan kendala akibat hukum perceraian terhadap harta bersama di pengadilan agama dan prakteknya pada masyarakat Kabupaten Cirebon dengan Putusan Pengadilan Agama Sumber Nomor 1912/Pdt.G/2019/PA.Sbr dan solusinya. Metode yang digunakan peneliti adalah Yuridis Empiris (sociolegal research) dan spesifikasi dalam penelitian ini adalah termasuk deskriptif analitis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang berkaitan dengan teori keadilan dan keseimbangan. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa mengakibatkan harta perkawinan yang dikuasai oleh suami tanpa persetujuan bekas isteri tidak dapat/ tidak diperbolehkan menjual atau memindahkan harta tersebut tanpa persetujuan dari bekas isteri, karena dalam harta perkawinan tersebut masih terdapat hak isteri, selama belum adanya kekuatan hukum tetap. Kendalanya : menunjukan masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku yang mengatur mengenai harta kekayaan dalam perkawinan. Faktor ekonomi sering juga menjadi hambatan para pihak yang hak-haknya dilanggar, namun tidak mampu untuk membiayai sehingga tidak bisa diselesaikan ke pengadilan dan kasusnya menjadi terkatung-katung. Faktor benda atau obyek (harta gono-gini) yang disengketakan itu dibangun di atas tanah milik mertuanya Faktor tanggung jawab dari para pihak (suami istri) yang mempunyai hutang pada Bank, membeli benda-benda bergerak secara angsuran seperti mobil, motor, dan lainnya. Solusinya : perlu adanya penyuluhan hukum terhadap masyarakat dan para calon mempelai yang akan melangsungkan perkawinan. Penyelesaian bisa lewat kepala desa, tetapi apabila tidak bisa diselesaiakan lewat kepala desa maka melalui lembaga Pengadilan dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu (prodeo).Penyelesaiannya pihak salah satu pihak yang menjual harus dikurangi pembagiannya sebesar nilai harga barang yang dijualnya itu. Penyelesaian dalam hal ini adalah benda yang diagunkan disita dan dilelang oleh bank sebagai pihak kreditur yang memberikan fasilitas hutang tersebut Kata Kunci : Akibat Hukum, Perceraian, Harta Bersama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:54
Last Modified: 02 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item