PERBUATAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN NOTARIS BERUPA TIDAK MENYELESAIKAN PROSES HAK TANGGUNGAN DAN PROSES SERTIPIKAT SESUAI DENGAN PERJANJIAN YANG DIBUAT DENGAN PIHAK BANK (Studi di Bank Perkreditan Rakyat Central Artha Cabang Brebes)

Rizki Gumilar, Panji (2021) PERBUATAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN NOTARIS BERUPA TIDAK MENYELESAIKAN PROSES HAK TANGGUNGAN DAN PROSES SERTIPIKAT SESUAI DENGAN PERJANJIAN YANG DIBUAT DENGAN PIHAK BANK (Studi di Bank Perkreditan Rakyat Central Artha Cabang Brebes). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21301900056_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepercayaan masyarakat terhadap notaris merupakan kepercayaan masyarakat terhadap akta autenteik yang dibuatnya, itulah sebabnya jabatan notaris sering pula disebut dengan jabatan kepercayaan. Kepercayaan pemerintah sebagai instansi negara yang mengangkat dan memberhentikan notaris sekaligus kepercayaan masyarakat sebagai pengguna jasa notaris. Notaris sebagai pejabat umum dituntut untuk bertanggung jawab terhadap akta autentik yang telah dibuatnya. Notaris sebagai pejabat umum dituntut untuk bertanggungjawab terhadap akta autentik yang telah dibuatnya hal ini terdapat dalam UUJN no 30 tahun 2004 tentang jabatan Notaris. Jika akta autentik yang dibuatnya dibelakang hari terjadi sengketa hukum, maka hal ini dapat dipertanyakan, apakah akta autentik tersebut merupakan kesalahan notaris, ataukah adanya kesepakatan yang telah dibuat antara notaris dengan salah satu pihak yang menghadap. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, satu untuk mengetahui dan menganalisis peran dan tanggung jawab notaris dalam perjanjian pengikatan kredit, kedua untuk mengetahui dan menganalisis sanksi hukum bagi notaris yang tidak menyelesaikan proses hak tanggungan dan proses sertifikat studi di Bank Perkreditan Rakyat Central Artha Cabang Brebes. Metode pendekatan dalam penelitan ini bersifat deskriptif, yang dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk memberikan data yang detail mungkin tentang manusia, keadaan dan gejala-gejala lainnya. Jenis Data Penelitian yang digunakan adalah data sekunder terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, yaitu bahan penelitian di ambil dari buku, makalah, hasil penelitian terdahulu, norma dan perundang-undangan dengan melakukan sesi wawancara untuk pencapaian hasil yang baik lalu Analisis Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa data hasil penelitian pustaka (sekunder) dianalisis secara kualitatif untuk menjawab permasalahannya secara deskriptif, yaitu menjawab permasalahan, pertama bagaimana peran dan tanggung jawab notaris dalam perjanjian pengikatan kredit, kedua Apa sanksi hukum bagi notaris yang tidak menyelesaikan proses hak tanggungan dan proses sertipikat studi di bank perkreditan rakyat central artha cabang brebes. Kata kunci : Tanggung Jawab, Notaris, Hak Tanggungan, Sanksi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:08
Last Modified: 02 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22580

Actions (login required)

View Item View Item