PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH (Studi Kasus di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Kota Semarang)

Subhi, Ahmad (2021) PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH (Studi Kasus di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (565kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
MPDI_21501700016_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan dalam menjaga dan menumbuhkan fitrah peserta didik di Sekolah Karakter Imam Syafi’i (SKIS) Kota Semarang.Oleh karena itu, penelitian ini dikonsentrasikan pada manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan berbasis fitrah. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara cermat, teliti dan berdasarkan nilai-nilai ilmiah. Sedangkan teknik analisis data yang digun akan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalahSekolah Karakter Imam Syafi’i (SKIS) Kota Semarang. Sebuah sekolah yang menjadi ikon bagi masyarakat Semarang karena satu-satunya sekolah yang menekankan pada pendidikan karakter berbasis fitrah peserta didik. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru Mata Pelajaran dan Diniyyah dengan pertimbangan karena mereka terlibat langsung dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan berbasis fitrah di SKIS Semarang dan mengetahui informasi secara akurat tentang manajemen kurikulum pendidikan berbasis fitrah di SKIS Semarang. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah; Perencanaan manajemen kurikulum berbasis fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’i (SKIS) Semarang diawali dengan menetapkan nilai-nilai inti pendidikan berbasis fitrah dan karakter yang akan di internalisasikan kepada peserta didik dalam sebuah visi, misi dan tujuan, setelah itu dibuat perencanaan pembelajaran tematik yang berdasar pada fitrah dan karakter. Langkah berikutnya adalah pengorganisasian dengan melibatkan semua sumberdaya yang ada untuk melaksanakan pembelajaran tematik dan aktifitas pembiasaan. Pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah di SKIS dengan memasukkan unsur-unsur fitrah dan karakter, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga, sehingga fitrah sucinya tetap terjaga dan tumbuh sesuai perkembangan usianya. Diantaranya dengan kegiatan pembiasaan yang positif, antara lain: Berdoa sebelum mengawali belajar, dengan tujuan untuk menumbuhkan fitrah keimanan. Membiasakan membaca buku di perpustakaan untuk menumbuhkan fitrah belajar. Kegiatan brain gym, bertujuan untuk menumbuhkan fitrah bakat. Evaluasi kurikulum pendidikan berbasis fitrah di SKIS Semarang, tidak hanya dilaksanakan setiap bulan, semester dan akhir tahun, akan tetapi insidental dengan melihat situasi dan kondisi. Kata kunci : pendidikan dan fitrah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:47
Last Modified: 03 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item View Item