TESIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAWASAN LALU LINTAS SECARA ELEKTRONIK DALAM MENGURANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI WILAYAH POLRES GROBOGAN)

UTOMO, PRIYO (2021) TESIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAWASAN LALU LINTAS SECARA ELEKTRONIK DALAM MENGURANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI WILAYAH POLRES GROBOGAN). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301900176_fulldoc.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penyusunan tesis ini ialah belum efektivnya pelaksanaan lalu lintas secara elektronik di Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pengawasan lalu lintas secara elektronik telah efektiv dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah Polres Grobogan; untuk menganalisis hambatan-hambatan dan solusi pelaksanaan pengawasan lalu linatas secara elektronik dalam upaya mengurangi pelanggaran lalu lintas di Polres Grobogan; untuk menganalisis bentuk pelaksanaan pengawasan yang ideal di masa yang akan datang dalam upaya mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah Polres Grobogan. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif diaman data didapatkan melalui wawancara dan didukung oleh data kepustakaan serta perundang-undangan. Adapun teori yang digunakan dalam mengabnalisis persoalan pada tesis ini ialah teori sistem hukum dan teori hukum progresif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kenyataan bahwa pelaksanaan pengawasan lalu lintas secara elektronik dalam upaya mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah Polres Grobogan belum efektif. Karena Setelah dipasangkan program CCTV sebagai kamera pengawas dan kamera penghimbau terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas di jalan raya, namun angka pelanggaran lalu lintas di lampu merah di wilayah hukum Polres Grobogan masih tetap tinggi. Adapun faktor yang mempengaruhi ialah faktor Penegak Hukum, dalam hal ini penegak hukum merupakan petugas penindak yang biasanya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya terdapat kesalahan pada aplikasi penginputan yang membuat petugas kehilangan jejak pelanggar. Sehingga, masalah ini menjadi salah satu kendala yang penting. Jika terjadi kesalahan penginputan misalnya pada identitas pelanggar tentu sulit untuk melacak keberadaan pelanggar. Faktor Sarana dan Prasarana, dalam pelaksanaan Electronic Traffic Law Enforcement di wilayah hukum Kabupaten Grobogan tercatat hanya mempunyai sebanyak 2 unit CCTV. Maka dari itu dilihat dari sarana dan prasarana yang kurang maksimal, maka pelaksanaanya juga belum maksimal. Selain itu, patroli petugas dengan menggunakan Kopek (kamera yang diletakkan di helm polisi lalu lintas untuk pemantau jalan raya. Adapun jumlah kopek yang tersedia hanya sebanyak 5 (lima) buah yang dioperasikan untuk Sembilan kecamatan di Grobogan yaitu Godong, Gubug, Tegowanu, Penawangan, Purwodadi, Grobogan, Tawangharjo, Wirosari dan Toroh. Faktor Masyarakat, Buruknya perilaku sosial dalam berlalu lintas menjadi salah satu masalah yang sejak dahulu hingga saat ini masih marak terjadi di Indonesia. Kata Kunci: Elektronik, Efektivitas, Lalu Lintas, Pngawasan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:06
Last Modified: 03 Jun 2022 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

View Item View Item