PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE PADA PERKARA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN ANAK DI BAWAH UMUR DI WILAYAH HUKUM POLRES KUDUS

PANDU PANDEGA FERDIANSAH, GALUH (2021) PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE PADA PERKARA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN ANAK DI BAWAH UMUR DI WILAYAH HUKUM POLRES KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301900135_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu jenis tindak pidana yang banyak terjadi dalam kehidupan masyarakat karena dipengaruhi kemajuan teknologi serta menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Keterlibatan anak di bawah umur sebagai pelaku menuntut perlakuan khusus dari sudut pandang hukum negara dan hukum agama. Penyelesaian perkara kecelakaan lalu lintas yang dilakukan anak di bawah umur di wilayah hukum Polres Kudus seluruhnya dilakukan dengan menerapan restorative justice. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penerapan restorative justice pada perkara kecelakaan lalu lintas yang dilakukan anak dibawah umur di wilayah hukum Polres Kudus dan untuk mengetahui kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitin yuridis sosiologis dengan spesifikasinya deskriptif analisis berdasarkan data primmer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan data sekunder diperoleh dengan studi pustaka untuk kemudian dianalisis secara kualititaf. Permasalahan penelitian dianalisis dengan teori penegakan hukum, teori pertangungjawaban dan teori restoratife justice. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan; 1) Polres Kudus dalam menyelesaikan perkara kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur dilakukan melalui mekanisme diversi sesuai amanat undang-undang dalam bentuk restorative justice. 2) Kendala yang dihadapi penyidik antara lain siapa yang akan mendampingi anak yang berhadapan dengan hukum pada saat dilakukan pemeriksaan dan atau mediasi, bilamana tidak memiliki orang tua dan atau jauh dari orang tua serta masih menempuh pendidikan dasar atau menengah dan adanya pelibatan banyak pihak yang masih terkendala administrasi dalam birokrasinya. 3) Ditemukan solusi efektif yang sudah dapat dilaksanakan oleh Polres Kudus dan sudah terbukti membuahkan hasil sehingga seluruh perkara kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur di Polres Kudus dapat dilakukan dengan menerapan restorative justice. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Anak Di Bawah Umur, Restorative Justice.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2022 02:39
Last Modified: 30 May 2022 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

View Item View Item