ANALISA KEDUDUKAN ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA HOMOSEKSUAL DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDY KASUS PENETAPAN PENGADILAN NEGERI GARUT NO: 10/PEN.PID.SUS-ANAK/2018/PN GRT)

KRISTIONO, CUCUK (2021) ANALISA KEDUDUKAN ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA HOMOSEKSUAL DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDY KASUS PENETAPAN PENGADILAN NEGERI GARUT NO: 10/PEN.PID.SUS-ANAK/2018/PN GRT). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301900121_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku Homoseksual sesuai syariat Islam sangat ditentang keras dan mendapatkan ancaman hukuman sangat berat, bahkan pelaku Homoseksual pertama kali di muka Bumi dihukum langsung oleh Allah SWT yaitu bangsa Sodom dan Gomorah kaum Nabi Luth AS. Peristiwa tersebut diabadikan didalam Al-Quran Surat Huud ayat 82. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan seyogyanya harus segera turun tangan dan bertindak cepat dengan tidak perlu menunggu banyaknya kasus serupa muncul dipermukaan, langkah awal adalah dengan penanganan terhadap anak sebagai pelaku Homoseksual untuk menghindarkan regenerasi kelompok homoseksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kedudukan anak sebagai pelaku Tindak Pidana Homoseksual dalam sistem hukum dan Untuk mengetahui dan menganalisis pemidanaan terhadap anak pelaku Tindak Pidana Homoseksual dalam konstruksi keadilan Pancasila Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Metode Analisis yang digunakan adalah kuantitatif yaitu Semua bahan hukum yang terkumpul melalui penelitian kepustakaanakan akan dipilah-pilah guna memperoleh kaidah hukum atas permasalahan yang dirumuskan dan kemudian disistematiskan sehingga menghasilkan klasifikasi yang selaras dengan permasalahan penelitian ini. Sedangkan sebagai pisau analisis menggunakan Teori Sistem Hukum, Keadilan Pancasila dan Keadilan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kedudukan anak sebagai pelaku Tindak Pidana Homoseksual dalam sistem Hukum yaitu Pelaksanaan peradilan terhadap anak mengacu kepada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA). Sesuai undang-undang dan peraturan tersebut bahwa seluruh penanganan perkara anak diwajibkan dilaksanakan diversi. Namun Diversi yang dilakukan belum memenuhi tujuan kesembuhan dari anak yang berperilaku Homoseksual. Kedua, pemidanaan terhadap anak sebagai pelaku Tindak Pidana Homoseksual dalam konstruksi keadilan Pancasil mengacu kepada sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, maka penanganan anak yang bermasalah dengan hukum pada perkara Homoseksual perlu mendapatkan keadilan yaitu dengan penanganan khusus sehingga dapat tercapai kesembuhan seperti sedia kala. Semestinya Penanganan tindak pidana homoseksual pada anak perlu dilakukan penanganan yang berbeda, sebab anak memiliki masa depan yang panjang dan secara fisik terdapat beberapa kekurangan sehingga perlu dilakukan perhatian yang khusus oleh Pemerintah terhadap permasalahan ini. Kata kunci : Anak, Homoseksual,tindak pidana, penanganan khusus

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2022 02:50
Last Modified: 30 May 2022 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22473

Actions (login required)

View Item View Item