PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA CUKAI KUDUS

Widodo, Agus (2021) PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA CUKAI KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301900010_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cukai sebagai pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik sesuai dengan undang-undang merupakan penerimaan negara guna mewujudkan kesejahteraan bangsa. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai diberi kewenangan khusus untuk mengawal penerimaan cukai tersebut dari pengawasan, penindakan sampai dengan penyidikan. Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui dan meneliti bagaimana penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana di bidang cukai pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana di bidang cukai di wilayah kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus; 3. Untuk mengetahui dan meneliti lebih jauh bagaimana peranan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus dalam hal mencegah terjadinya tindak pidana di bidang cukai. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analisis, karena dalam penelitian ini menggambarkan objek yang menjadi permasalahan dan kemudian dianalisa serta ditarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan, yang kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan teori sistim hukum dan teori bekerjanya hukum serta teori tujuan hukum. Hasi Penelitian dan Pembahasan: 1. Penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana di Bidang Cukai pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus dilakukan Unit Pengawasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus yang terdiri dari 2 seksi yaitu Seksi Intelijen dan Penindakan, dan Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan. Proses yang dilakukan yaitu Seksi Intelijen dan Penindakan melakukan penindakan terhadap orang/pelaku dan penegahan terhadap barang berupa BKC ilegal (rokok ilegal), kemudian diserahterimakan kepada Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan untuk dilakukan proses penelitian lebih lanjut atau dilakukan proses penyidikan. 2. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana di bidang cukai di wilayah kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus adalah factor ekonomi/keuntungan. Bisnis illegal yang menggiurkan keuntungannya menjadikan pelaku nekat melakukan pelanggaran di bidang cukai. 3. Peranan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus dalam mencegah terjadinya tindak pidana di bidang cukai yaitu dengan melakukan upaya preventif (pencegahan) dan upaya represif (penindakan). Kata Kunci : Penegakan Hukum, Cukai, Tindak Pidana Cukai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Fakultas Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2022 03:23
Last Modified: 24 May 2022 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item