KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DARI TINDAK KEKERASAN (STUDI DI PUSAT PELAYANAN TERPADU (PPT) SERUNI KOTA SEMARANG)

Maunah, Roudlatul (2021) KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DARI TINDAK KEKERASAN (STUDI DI PUSAT PELAYANAN TERPADU (PPT) SERUNI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (531kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (397kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301700041_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan merupakan satu langkah pemerintah Kota Semarang untuk memberikan pelayanan terhadap korban kekerasan terutama terhadap perempuan dan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Kebijakan Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan, efektifitas Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Kota Semarang dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan serta hambatan dan solusi dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis Kebijakan Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan di Kota Semarang. (2) Menganalisis efektifitas Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Kota Semarang dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan. (3) Menganalisis dalam mengatasi hambatan dan solusi pelaksanaan kebijakan dalam memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan di Kota Semarang. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan hukum secara yuridis sosiologis dan spesifikasi dalam penelitian ini adalah termasuk deskriptif analitis. Adapun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan wawancara dengan DP3A Kota Semarang, PPT Seruni Kota Semarang dan korban. Dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Data Analisa secara kualitatif. Permasalahan dikaji dengan teori kebijakan dan efektifitas hukum. Hasil dari penelitian bahwa Kebijakan daerah terhadap perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan belum berjalan menyeluruh karena diperlukan sumber yang mendukung kebijakan berjalan efektif antara lain anggaran, sumber daya manusia, sarana dan prasana. Minimnya upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah apalagi dimasa pandemi ini. SOP dan Perwal untuk kebijakan ini juga belum mengatur secara khusus sehingga layanan belum bisa maksimal. Efektifitas PPT Seruni dalam memberikan pelayanan belum sepenuhnya efektif dari sisi layanan menjadi tidak maksimal karena pada pandemi belum adanya Standar operasional layanan yang harus diberikan kepada korban. Kata Kunci : Kebijakan pemerintah daerah, perlindungan perempuan dan anak, tindak kekerasan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2022 03:03
Last Modified: 24 May 2022 03:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22443

Actions (login required)

View Item View Item