IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PEKALONGAN

Adhi Nugroho, Fitri (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
Magister Hukum_20301700021_fullpdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi di negara Indonesia dan juga berpengaruh terhadap tatanan kehidupan yang ada termasuk di dalamnya adalah berkaitan dengan pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebagai langkah strategis, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional telah menetapkan kebijakan pelayanan pertanahan kepada masyarakat dengan menerapkan physical distancing sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Tujuan ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis problematika yang dihadapi dalam pelayanan PTSL pada masa Pandemi Covid-19 di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pelayanan PTSL pada masa Pandemi Covid-19 di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan. Penelitian ini bersifat deskriptif analistik dan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan library research. Permasalahan penelitian dianalisis dengan teori kepastian hukum, teori keadilan hukum dan teori kemanfaatan hukum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Problematika yang Ada dalam pelayanan PTSL pada masa Pandemi Covid-19 di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan, meliputi: (a) Faktor adanya social distancing sehingga tidak boleh melaksanakan pengukuran sebagaimana sebelum adanya pandemi, dengan demikian progress implementasinya menjadi terhambat, sementara masih ada target penyelesaian PTSL yang harus dipenuhi, (b) Faktor anggaran kementerian ATR/BPN di saving untuk kebutuhan penanganan pandemi, sehingga target berkurang/satuan biaya diturunkan/bahkan ada pekerjaan dalam implementasi PTSL yang tidak bisa dibayarkan, (c) Faktor jangka waktu pengumuman data fisik dan data yuridis berbeda antara Peraturan Pemerintah dengan Peraturan Menteri tentang PTSL, (d) Faktor fasilitas penegakan hukum, terdapatnya e-KTP penduduk yang tidak valid sudah dibawa ke Kantor Camat tetapi masih tidak terekam di aplikasi KKP sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekalongan, (e) Faktor rendahnya animo masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan PTSL dari awal sampai dengan penerbitan sertipikat pada Tahun 2020 tercatat ada cetak sertipikat sebanyak 504 bidang, tanda tangan sertipikat sebanyak 504 bidang, dan G. Scan BT PTSL 2020, (2) Implementasi Pelayanan PTSL Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan, hasilnya yaitu cetak Sertipikat : 504 bidang, Tanda TanganSertipikat : 504 bidang, dan G. Scan BT PTSL 2020 : 504 bidang. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid19), Kantor Pertanahan, Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 May 2022 03:02
Last Modified: 24 May 2022 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item