Mega, Dera Kartika Puspa and Aulia, Alma Mia (2021) PERENCANAAN JALAN REL KERETA API DI ATAS TANAH LUNAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (246kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (338kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (375kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
|
Text
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (17MB) |
|
Text
Fulltext 30201700055.pdf Download (20MB) |
Abstract
Jalan rel kereta api adalah suatu konstruksi yang relatif panjang dan sering harus melewati lapisan tanah lunak. Mengingat beban kereta api yang cukup berat, maka harus diadakan perkuatan pada tanah lunak agar tidak tejadi penurunan pada tanah lunak, yang menyebabkan konstruksi jalan rel kereta api di atas tanah lunak cepat mengalami kerusakan dan tidak dapat bertahan lama. Ciri-ciri dari tanah lunak adalah mempunyai kuat geser yang rendah, kompresibilitas yang tinggi serta daya dukung yang rendah. Karena ciri-ciri tersebut, pembuatan badan jalan rel kereta api di atas tanah lunak menjadi tantangan sendiri yang berat yang perlu dihadapi oleh para ahli di lapangan tentang masalah yang berkaitan. Tugas Akhir ini bertujuan merencanakan jalan rel kereta api di atas tanah lunak. Dalam merencanakan jalan rel kereta api di atas tanah lunak ini direncanakan jalan rel kereta api konvensional dengan bantalan beton pratekan dan rel UIC 54 di mana tanah lunak direkayasa sedemikian rupa agar dapat dibebani perkerasan jalan kereta api dan beban kereta api. Langkah-langkah dalam perencanaan jalan rel kereta api di atas tanah lunak yaitu, pembebanan jalan rel kereta api, perhitungan perencanaan jalan rel dan perhitungan perkuatan tanah lunak. Hasil perhitungan adalah tebal balas 30 cm, tebal sub-balas 15 cm, bantalan beton pratekan (200 x 25 x 21)cm dan beban dinamis sebesar 15,26 ton. Sedangkan untuk mengatasi perbaikan daya dukung tanah adalah menggunakan metode PVD yang dioptimalkan dengan metode preloading. Hasil analisa pemampatan menunjukkan bahwa tanah dasar akan mengalami penurunan tanah sebesar 1,575 meter dan membutuhkan waktu konsolidasi alami 90% selama 246,6 tahun. Waktu konsolidasi 90% menggunakan PVD pola segitiga adalah selama 135 hari dan pola segiempat adalah selama 160 hari. Pada aplikasi Plaxis 8.6 didapatkan angka keamanan pada akhir konstruksi sebesar 1,324. Kesimpulannya, jalan rel kereta api dapat dibangun di atas tanah lunak menggunakan metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang dioptimalkan dengan metode preloading. Kata kunci: Jalan rel, Tanah lunak, PVD, Konsolidasi, Kuat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22376 |
Actions (login required)
View Item |