HANIDA ISNA REZA P., HANIDA ISNA REZA P. and WINARNI, HESTI (2021) PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN LAYANG JALAN TOL SEMARANG-DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
abstrak.pdf Download (792kB) |
|
Text
cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (397kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (853kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
Fulltext 30201700077.pdf Download (23MB) |
Abstract
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Provinsi Jawa Tengah telah berdampak pada meningkatnya jumlah kendaraan di ruas jalan Semarang-Demak. Hal tersebut dikarenakan ruas jalan Semarang-Demak termasuk salah satu ruas jalan Pantura di mana kendaraan-kendaraan dari Provinsi Jawa Timur menuju ke Provinsi Jawa Barat dan sebaliknya selalu akan melalui ruas jalan Semarang-Demak sehingga mengakibatkan bertambahnya volume lalu lintas di jalan tersebut, dan menyebabkan sering terjadi kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan tersebut, Pemerintah saat ini sedang membangun jalan Tol Semarang-Demak. Dalam tugas akhir ini akan direncanakan dan dihitung jalan layang Tol Semarang - Demak yang terletak di Desa Sidogemah Jl. Semarang – Demak KM 3 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Perencanaan dan perhitungan struktur jembatan balok prategang dimulai dengan premilinary design yaitu penentuan desain awal yang meliputi penentuan bentang jembatan, lebar jembatan, dimensi gelagar kemudian diberikan beban dan dilanjutkan dengan desain dan perhitungan balok T-Bulp, pelat lantain dan pendukung struktur atas. Perencanaan dilanjutkan dengan analisa struktur jembatan yang meliputi gaya dalam penampang, gaya geser, dan lendutan. Dengan balok girder T-bulp prategang panjang 180 meter yang terdiri dari lima bentang @ 36 meter dan jarak antar balok 2,10 meter serta tebal sayap atas balok T-bulp 25cm yang juga merupakan lantai jembatan, Dari analisa perhitungan momen peretakan penampang diperoleh momen maksimum yang dapat meretakan penampang adalah sebesar 11545,31 kNm, dan diperiksa rasio kapasitas momen terhadap momen retak diperolah SF 2,15, yang mana SF yang diperoleh lebih besar dari SF ketentuan pada Bina Marga yang sebesar 1,2 dengan demikian berdasarkan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa struktur atas jembatan tersebut aman. Kata kunci: Jembatan layang, Jalan tol, Balok prategang, Girder T-bulp
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 02:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22370 |
Actions (login required)
View Item |