Pradhana, Andhika (2014) Hubungan Antara Kegiatan Kampanye Anti Rokok Dengan Perubahan Sikap Berhenti Merokok Pada Siswa Sma Di Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi Unissula.
|
Text
Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Judul : Hubungan Antara Kegiatan Kampanye Anti Rokok Dengan Perubahan Sikap Berhenti Merokok Pada Siswa SMA Di Kabupaten Semarang Nama : Andhika Pradhana NIM : 102090020 Kebutuhan masyarakat terhadap rokok saat ini sudah dirasakan sebagai kebutuhan primer, khususnya bagi para pecandu. Jumlah perokok di Indonesia sendiri menduduki peringkat terbanyak ketiga di seluruh dunia. Yang mengkhawatirkan prevalensi perokok yang mendominasi pada usia pelajar SMA, antara 15 hingga 19 tahun semakin meningkat tajam. Untuk melawan itu semua salah satunya dilakukan melalui kampanye anti rokok. Kampanye merupakan salah satu bentuk persuasi yang berisi serangkaian pesan dan bertujuan untuk merubah perilaku masyarakat, yang pada prinsipnya merupakan aktivitas komunikasi yang terorganisir, dan secara langsung ditunjukan khalayak tertentu, pada periode waktu yang telah ditetapkan. Kampanye anti rokok dilakukan sebagai langkah merubah sikap pelajar untuk berhenti merokok. Mengacu pada permasalahan tersebut, dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengkaji ada tidaknya hubungan antara kegiatan kampanye anti rokok dengan perubahan sikap berhenti merokok pada siswa SMA di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan landasan teori Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Tipe penelitian ini adalah explanatory dengan teknik combain sampling dengan populasi para siswa SMA di Kabupaten Semarang sebanyak 100 orang, yang telah mengikuti kegiatan kampanye anti rokok. Hasil penelitian menunjukkan variabel sebuah kampanye anti rokok mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan perubahan sikap berhenti merokok dengan hasil perhitungan rumus Korelasi Product Moment dengan bantuan software SPSS13.00. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil korelasi sebesar 0,598. Hasil uji hipotesis variabel-variabel tersebut juga diterima. Sedangkan dari hasil tabulasi tabel silang menunjukkan 70% responden mengatakan jika kampanye anti rokok memiliki hubungan yang kuat dengan perubahan sikap. Dalam hal ini membuktikan bahwa dalam sebuah kampanye dengan menggunakan personal selling dalam proses bauran pemasaran (Marketing Mix), dirancang untuk dapat memunculkan respons persuasif, yakni agar orang bersedia menerima suatu pemahaman dan memotivasi mereka untuk melakukan perubahan sikap untuk berhenti merokok. Kata kunci: Kampanye , Perubahan sikap, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Personal Selling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 02:04 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 02:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2234 |
Actions (login required)
View Item |