ANALISIS PERENCANAAN GALIAN DALAM DAN TIMBUNAN TINGGI DALAM KONSTRUKSI JALAN TOL SERTA PENGARUH TERHADAP GEMPA MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D

Ardiansyah, Rizqi Putra and Mustofa, Taufiq Budi (2021) ANALISIS PERENCANAAN GALIAN DALAM DAN TIMBUNAN TINGGI DALAM KONSTRUKSI JALAN TOL SERTA PENGARUH TERHADAP GEMPA MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (744kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (291kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (415kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (286kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
[img] Text
30201700161.pdf

Download (36MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan bagian penting dari kemajuan sebuah negara. Oleh sebab itu Indonesia terus meningkatkan infrastruktur sebagai bagian terpenting untuk memajukan negara,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko longsor saat konstruksi dan saat terjadi gempa yang terjadi pada konstruksi galian dan timbunan jalan Tol. Mengetahui resiko longsor diperlukan untuk menentukan penanganan yang diperlukan. Penyusunan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metodelogi studi kasus. Dalam penyusunan laporan menggunakan sumber literatur. Data yang digunakan dalam analisis adalah data sekunder. Setelah mendapatkan semua literatur dan data maka analisis dapat dilakukan menggunakan program PLAXIS 2D. Dari hasil data analisis Konstruksi galian memiliki tingkat kesulitan pada bagian lereng yang beresiko longsor. Analisis konstruksi galian menunjukan bidang gelincir lereng terdapat pada bagian tanah lunak, hal ini dapat dilihat karena air pori terbesar terdapat pada pagian tanah lunak. Konstruksi timbunan memiliki tingkat kesulitan pada penurunan tanah. Maka pada tahapan timbunan dilakukan konsolidasi selama 30 hari setiap timbunan 3 meter untuk mendapatkan pemadatan tanah yang sempurna. Resiko longsor timbunan terdapat pada bagian tanah lunak maka perlu dilakukan penanganan replacement. Analisis gempa timbunan dan galian menunjukan kondisi aman kecuali pada analisa gempa pseudostatik galian. Pada jenis tanah tertentu kekuatan geser tanah tidak tetap. Tanah dikedalaman tinggi lebih kuat dibandingkan permukaan. Kalimat Kunci : Analisa gempa pada konstruksi jalan Tol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:28
Last Modified: 09 Mar 2022 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22304

Actions (login required)

View Item View Item