Pratama, Ryan Hanung and Ibrahim, Syahril Maulana (2021) PERBANDINGAN PERFORMA GALIAN TINGGI DAN TEROWONGAN TERHADAP GEMPA (Studi Kasus : Proyek Ruas Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (235kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (412kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (353kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (999kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (360kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
30201700165.pdf Download (6MB) |
Abstract
Jalan tol merupakan jalan untuk umum yang mana terdiri dari jaringan jalan serta menjadi jalan nasional dimana pemakainya diharuskan membayar. Jalan tol merupakan bagian yang terdiri atas sistem jaringan jalan umum sebagai lalulintas alternatif. Galian adalah aktivitas atau suatu lokasi tempat manusia melaksanakan ekskavasi, ekstraksi, atau penambangan pasir, kerikil , bebatuan, tanah liat, dan bahan bangunan lainnya, sedangkan terowongan merupakan sebuah konstruksi yangmana dapat ditemui dalam pembangunan jalan yang bebas dari hambatan pada pengembangan perkotaan ataupun pusat listrik tenaga air. menganalisis performa galian tinggi dan terowongan terhadap gempa menggunakan PLAXIS 2D V8.2, untuk mengetahui besaran deformasi, displacement, excess pore pressures, dan effective stresses serta pengaruhnya terhadap tanah akibat dari penggalian dimana hasil output dari PLAXIS ini sebagai besarnya reaksi yang terjadi pada galian tinggi dan terowongan akibat gempa. Dimana perhitungan dilakukan menggunakan program software PLAXIS 2D. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini menggunakan metodelogi penelitian dengan studi kasus yang dilakukan dengan tahapan pengerjaan yang teratur dan sistematis. Studi literatur yang dapat digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini berdasarkan laporan mengenai perencanaan dan pelaksanaan konstruksi yang akan dijadikan parameter dan menyusun model untuk digunakan dalam pemodelan menggunakan Plaxis 2D Galian dan Plaxis 2D Tunnel. Literatur yang digunakan berupa jurnal, paper, diktat, makalah, dan beberapa tambahan literature lainnya. Dengan didapatkannya beberapa literature tersebut digunakan sebagai salah satu dasar materi dalam penyusunan landasan teori dan sebagai acuan dalam penentuan metode yang akan digunakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan program Plaxis, Dengan menggunakan data gempa psuedostatic time interval 4 detik pada analisa pekerjaan proyek Ruas Jalan Tol Sukabumi- Ciranjang. Hasil yang kita peroleh dapat disimpulkan bahwa dari analisa tersebut sama-sama beresiko apabila terjadinya gempa, walaupun nilai safety factor pada hasil analisa output PLAXIS 2D Galian lebih tinggi dibandingkan hasil analisa output PLAXIS 2D Tunnel. Gempa setelah galian dilakukan Safety Factor sudah lebih dari 1,1 dan tidak terlihat bidang gelincir pada lereng, sehingga galian aman terhadap gempa. Pada analisa dengan Tunnel Safety Factor gempa pada saat selesai konstruksi memperlihatkan masih adanya bahaya pada lereng dengan Safety Factor dibawah 1,1, namun demikian adanya kelongsoran pada lereng tidak mempengaruhi konstruksi tunnel. Kata kunci : Performa Galian dan Tunnel terhadap gempa pada konstruksi jalan Tol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 06:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 06:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22300 |
Actions (login required)
View Item |