Hartanti, Utari and Fatinnashihah, Rofi’atul (2021) PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN PELENGKUNG RANGKA BAJA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (303kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (588kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (254kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (437kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (6MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text
30201700176.pdf Download (11MB) |
Abstract
Jembatan adalah suatu struktur bangunan yang dibangun untuk melewatkan lalu lintas dan orang dari satu ujung jalan ke ujung jalan yang lain di seberangnya. Keberadaan jembatan saat ini terus mengalami perkembangan, mulai dari bentuknya yang sederhana sampai yang ke bentuk yang modern. Demikian pula bahan-bahan yang digunakan juga mengalami perkembangan sejalan dengan majunya teknologi bahan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas jembatan pelengkung rangka baja. Bangunan atas jembatan ini direncanakan dengan bentang 150 meter dan lebar 10,10 meter. Tahap awal perencanaan adalah preliminary design yaitu dengan menentukan data-data awal perencanaan seperti panjang dan lebar jembatan, dimensi balok girder, dimensi balok melintang, dimensi rangka batang. Perencanaan dilanjutkan dengan menghitung pelat lantai, gelagar memanjang, gelagar melintang, dan rangka pelengkung jembatan. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung dan menganalisa beban yang bekerja menggunakan program SAP2000 versi 14. Dari hasil perhitungan didapatkan tebal pelat lantai kendaraan 20 cm dengan tulangan pokok D13-150, gelagar memanjang menggunakan profil IWF 350 x 175 x 7 x 11, gelagar melintang menggunakan profil IWF 700 x 300 x 13 x 24, rangka pelengkung baja, rangka diagonal pelengkung, rangka tiang baja menggunakan profil IWF 900 x 300 x 16 x 28, dan diagonal tiang rangka baja menggunakan profil baja IWF 300 x 300 x 10 x 15 dengan kekuatan baja fy = 410 MPa, tegangan putus minimum fu = 550 MPa dan kekuatan beton bertulang fc’ = 29,04 MPa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konstruksi jembatan lengkung rangka baja dengan bentang 150 meter dapat dibangun dan aman untuk dilalui lalu lintas. Kata kunci: Jembatan. Pelengkung. Rangka Baja. Bentang panjang, Kuat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 06:02 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 06:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22294 |
Actions (login required)
View Item |