ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) “MAJU LANCAR” DENGAN METODE SWOT DAN AHP

NUGRAHA, GUNANTYA HABIB (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) “MAJU LANCAR” DENGAN METODE SWOT DAN AHP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31602000068_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

UMKM Rumah Potong Ayam (RPA) “Maju Lancar” merupakan unit usaha pemotongan ayam yang beralamat di Jl Masiran - Boja. Usaha ini telah berdiri sejak tahun 2019. Permasalahan yang dihadapi UMKM RPA “Maju Lancar” dalam bersaing yaitu, proses produksi masih terkendala dan lemahnya pemasaran. Ketidakmampuan dalam bersaing ini menyebabkan penurunan penjualan yang signifikan tiap tahunnya. Perumusan analisa strategi pemasaran diperlukan untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan. SWOT merupakan metode analisis yang banyak dipakai untuk menentukan faktor-faktor strategis yang berlandaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Tetapi pada pelaksanaannya, metode ini memunculkan banyak strategi alternatif yang dirasa kurang efisien dalam menentukan keputusan strategi pemasaran yang akan digunakan. Maka dari itu, perlu metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk memilih alterntif terbaik dalam menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk UMKM RPA “Maju Lancar”. Metode ini berfokus pada suatu msalah yang akan dipecahkan dalam kerangka berpikir yang lebih terorganisir, sehingga pengambilan keputusan menjadi kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SWOT menghasilkan empat alternatif solusi yaitu Strength Opportunity (SO), Weakness Opportunity (WO), Strength Threats (ST) dan Weakness Threats (WT). penentuan metode AHP menghasilkan Strength Opportunity dengan bobot tertinggi sebesar 17,91 sebagai strategi yang terpilih untuk diterapkan pada UMKM RPA “Maju Lancar” yang terdiri dari Perluasan daerah pemasaran ayam boiler dan penambahan jumlah produksi ayam boiler untuk memenuhi permintaan pelanggan (S1, S3, S4, O1, O2) dan Penambahan Karyawan untuk membantu dalam kegiatan baru yang diterapkan RPA “Maju Lancar” seperti Layanan Delivery dan quality control ayam boiler (S2, S4, O1, O2, O3). Perhitungan strength-opportunity menyatakan bahwa poin SO1 memiliki nilai bobot lebih besar daripada SO2 maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran SO1 merupakan strategi pemasaran paling alternatif yaitu Perluasan pemasaran ayam boiler dan penambahan jumlah produksi ayam boiler untuk memenuhi permintaan pelanggan. Kata Kunci : SWOT, AHP, UMKM Rumah Potong Ayam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:52
Last Modified: 24 Jul 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item