PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI,SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2020)

Alief, Mohammad Firhand (2021) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI,SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (970kB)

Abstract

Dalam Penyusunan Laporan Keuangan yang berkualitas diperlukan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Faktor-faktror tersebut antara lain Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, kompeten, dan memahami aturan penyusunan laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan. Faktor lain yang mendukung kualitas laporan keuangan yaitu pemanfaatan teknologi informasi sebuah entitas, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka banyak organisasi/entitas yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis komputer untuk mendukung kelancaran kegiatan operasi organisasi tersebut. Faktor berikutnya yang mendukung kualitas laporan keuangan pemerintah daerah adalah mengenai sistem pengendalian internal pemerintah, hal pentingnya lainnya yang terkait dengan kualitas laporan keuangan adalah pengawasan keuangan daerah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi dan informasi, sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah secara simultan dan parsial terhadap kualitas laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Kendal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi dan informasi, dan sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah secara simultan dan parsial terhadap kualitas laporan keuangan pada Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah 58 OPD dan sampel yang diambil sebanyak 26 OPD, dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Sensus. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Kepala Bagian Keuangan dan Staf Keuangan yang ada pada tiap OPD. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda dengan menggunakan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern, dan pengawasan keuangan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Kata kunci : Kompetensi sumber daya manusia, Pemanfaatan teknologi informasi, Sistem pengendalian intern, Pengawasan keuangan daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:05
Last Modified: 12 Jan 2022 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item