USULAN PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN LIMBAH DAN MENINGKATKAN NILAI EKONOMIS DENGAN METODE GREEN SUSTAINABLE MANUFACTURING (Studi Kasus di UD Dadi Mulyo)

PRAYUDA, RAKA WISNU (2021) USULAN PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN LIMBAH DAN MENINGKATKAN NILAI EKONOMIS DENGAN METODE GREEN SUSTAINABLE MANUFACTURING (Studi Kasus di UD Dadi Mulyo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (928kB)

Abstract

UD. Dadi Mulyo merupakan perusahaan manufaktur pengolahan kayu yang memproduksi berbagai jenis olahan kayu seperti papan, usuk, glugu, balok dan lain- lain. Produk yang dihasilkan kebanyakan dikirm ke proyek – proyek perumahan. Tingginya tingkat persaingan bisnis dalam industri kayu membuat UD. Dadi Mulyo harus meningkatkan kinerjanya, dan mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya. Di dalam industri pengolahan kayu mestinya tidak jauh dengan adanya limbah kayu yang dihasilkan. UD. Dadi Mulyo memiliki permasalahan penumupukan limbah yang sangat banyak khususnya limbah serbuk gergaji kayu yang menumpuk . Di perusahaan tersebut terdapat limbah serbuk gergaji kayu sebanyak kurang lebih 400kg/hari apabila didiamkan selama berhari hari tentunya akan menumpuk menjadi lebih banyak dan mencemari lingkugan perusahaan dan lingkungan sekitar ,di perusahaan tersebut belum ada penanganan limbah secara efektif disana limbah masih dijual begitu saja dan penjualan limbah serbuk gergaji kayu disana masih tergolong susah butuh waktu 15 hari -1bulan untuk bisa menjual limbah tersebut karena pembeli limbah tersebut biasanya membeli limbah 1bulan sekali. hal itu akan mengakibatkan penumpukan limbah setiap harinya lama kelamaan limbah yang menumpuk akan menjadi banyak, maka dari itu menggunakan metode green manufacturing dan sustainable manufacturing dapat meminimalkan limbah dan meningkatkan pendapatan ekonomis bagi perusahaan. Dari hasil pengolahan limbah didapatkan produk baru sebuah batako AKUSTIK yaitu batako dengan campuran limbah serbuk gergaji kayu . batako ini merupakan hasil olahan dari limbah yang ada di UD. Dadi Mulyo dan dijual untuk dijadikan bangunan pada perumahan. Berdasarkan value stream mapping didapatkan bahwa limbah yang dihasilkan di UD.Dadi Mulyo adalah limbah serbuk gergaji kayu yang berasal dari proses produksi penggergajian kayu. Penumpukan limbah di perusahaan tersebut tersebut terjadi selama 15 hari dengan menghasilkan limbah sebanyak 6000kg.Berdasarkan analisa penentuan produk baru, didapatkan produk baru dari olahan limbah yaitu batako akustik dengan bahan baku dari limbah serbuk gergaji kayu, semen, pasir dan air sebagai campurannya. produk batako yang dibuat ini dinilai sangat efektif karena dengan memanfaatkan limbah serbuk gergaji kayu bisa mengurangi pencemaran limbah di sekitrlingkungan perusahaan.Berdasarkan analisa nilai tambah, pendapatan maksimal perusahaan dari penjualan limbah serbuk gergaji kayu yang sebelumnya hanya Rp.1.200.000 menjadi Rp.2.074.000 setelah mengolah limbah serbuk gergaji kayu terlebih dahulu. Kata Kunci : memanfaatkan limbah, Green manufacturing, Sustainable manucafturing,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:05
Last Modified: 12 Jan 2022 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21821

Actions (login required)

View Item View Item