ANALISIS TATA LETAK GUDANG BARANG JADI MENGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENYIMPANAN (Studi Kasus. Di PT NCS LOGISTIC LINK)

SHIMA, PUTRI (2020) ANALISIS TATA LETAK GUDANG BARANG JADI MENGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENYIMPANAN (Studi Kasus. Di PT NCS LOGISTIC LINK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT NCS LOGISTIC LINK merupakan perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi atau yang umum disebut Freight Forwarding. PT. NCS juga bergerak pada bidang penyewaan Warehouse.Pada Warehouse di PT NCS LOGISTIC LINK memiliki masalah pada tata letak penyimpanan barang di Warehouse masih kurang optimal karena biaya Material Handling diperusahaan tersebut terbilang masih tinggi dan juga PT NCS LOGISTIC LINK yaitu perusahaan yang mengelola penyewaan Warehouse untuk perusahaan manufaktur. Permasalahan yang dihadapi oleh PT NCS LOGISTIC LINK saat ini permasalahan yang sering dihadapi adalah dalam penanganan barang masuk dan keluar di gudang perusahaan masih belum memiliki system yang ditetapkan, sehingga penempatan barang di gudang menjadi tidak tertata rapi sehingga gudang terkesan sempit. Demikian juga garis atau line lay out gudang sudah tidak terlihat jelas, penempatan barang jadi baik produk untuk ekspor dan lokal ditempatkan satu lokasi dengan material (Completely Knock Down/CKD) dalam satu lokasi warehouse, tidak ada pembatas antara barang milik customer yang satu dengan yang lainya, barang ditempatkan menutup area jalan atau jalur forklift dan pintu gudang, serta barang yang lebih dulu masuk tertutup dengan barang yang baru masuk sehingga menghambat proses penanganan barang . Dengan ruang penyimpanan yang terbatas maka perusahaan di tuntut untuk menggunakan ruang secara efektif dan efisien agar kegiatan penyimpanan tidak terhambat dan dapat di temukan layout terbaik yang lebih efektif dan efisien serta tidak menghambat waktu proses pengiriman. Metode yang digunakan dalam pengelolaan pergudangan adalah pendekatan shared storage dimana produk yang memiliki frekuensi pengiriman terbanyak dan yang sering keluar masuk didekatkan dengan pintu masuk untuk meminimalisasi jarak perpindahan material handling. Hasil dari pendekatan shared storage dapat meminimalisasi jarak tempuh material handling tata letak usulan adalah 1386 m sedangkan kondisi sebelumnya jarak tata letak awal adalah 1900 m. Memiliki selisih nilai total jarak tempuh sebesar 514 meter dari total jarak tempuh awal. Hal ini berarti tata letak usulan dapat memperpendek jarak tempuh yang dilalui oleh karyawan gudang dalam mengambil barang. Kata Kunci:, Metode Shared Storage, Material Handling

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:05
Last Modified: 12 Jan 2022 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21819

Actions (login required)

View Item View Item