ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) CV. MUNA MANDIRI DI KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK

HAKIM, LUTHFIL (2021) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) CV. MUNA MANDIRI DI KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (770kB)

Abstract

Stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) merupakan rantai distribusi terakhir dari penyaluran bahan bakar minyak kemasyarakat, sedangkan bahan bakar minyak sangat diperluhkan masyarakat untuk menujang aktifitas sehari hari dalam mengoperasikan kendaraan bermotor. Masyarakat di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak masih membeli bahan bakar minyak ke pengecer yang harganya sedikit lebih mahal atau membeli di stasiun pengisian bahan bakar terdekat yang jaraknya kurang lebih 10 km hal tersebut dikarenakan tidak adanya stasiun pengisian bahan bakar untuk umum didaerah tersebut. Hal ini mendorong CV. Muna Mandiri untuk melakukan investasi pendirian stasiun pengisian di daerah tersebut. Untuk melakukan investasi pendirian stasiun pengisian dibutuhkan dana sebesar Rp.8.482.810.000,- dana yang tidak sedikit maka perlu di lakukan studi kelayakan agar dapat meminimalkan kerugian dimasa yang akan datang, dalam melakukan studi kelayakan pendirian stasiun pengisian bahan bakar untuk umum dilakukan studi dibeberapa aspek diantaranya adalah aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek finansial, aspek ekonomi dan sosial, aspek hukum, dan aspek lingkungan hidup. Hasil dari penelitian aspek pasar didapatkan keadaan dan potensi pasar direncana pendirian SPBU, mengetahui pesaing, serta menentukan strategi bersaing dan penentuan penjualan bahan bakar minyak. Pada aspek teknis didapatkan rencana lokasi pendirian SPBU, mengetahui proses pemesanan bahan bakar minyak dan mengatur rancangan layout. Pada aspek manajemen didapatkan struktur organisasi perusahaan dan proses pelayanan pengisian bahan bakar minyak. Pada aspek finansial diperoleh Payback Period (PP) 5 tahun 9 bulan, Average Rate of Return (ARR) sebesar 28,58%, Net Present Value (NPV) sebesar Rp.4.975.569.383,-, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 15,47%, dan Profitability Index (PI) sebesar 1,587. Sedangkan pada analisa sensitifitas pada perubahan penjualan dan perubahan biaya operasional tidak sensitif terhadap PP, ARR, NPV, IRR, dan PI. Pada aspek ekonomi dan sosial didapatkan dampak bagi masyarakat dan dampak perekonomian disekitar perusahaan. pada aspek hukum didapatkan bentuk badan usaha dan belum terpenuhinya ijin-ijin untuk mendirikan stasiun pengisian bahan bakar untuk umum. Pada aspek lingkungan hidup diperoleh limbah yang dihasilkan oleh SPBU baik dari tumpahan minyak maupun limbah air toilet. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha ini tidak layak dijalankan, karena belum terpenuhinya ijin-ijin pendirian SPBU. Kata Kunci : SPBU, Aspek Pasar, Aspek Teknis, Aspek Manajemen, Aspek Finansial, Aspek Ekonomi dan Sosial, Aspek Hukum, Aspek Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:58
Last Modified: 12 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21752

Actions (login required)

View Item View Item