LAPORAN TUGAS AKHIR “PERANCANGAN DESIGN KERANGKA DAN KURSI PENGEMUDI MOBIL PROTOTYPE PADA MOBIL LISTRIK" (Studi Kasus: MRT, UNISSULA, Semarang)

SAPUTRO, ARIO ADI (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR “PERANCANGAN DESIGN KERANGKA DAN KURSI PENGEMUDI MOBIL PROTOTYPE PADA MOBIL LISTRIK" (Studi Kasus: MRT, UNISSULA, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan salah satu perlombaan mobil listrik skala nasional yang diikuti oleh UNISSULA Molex Renewable Team (MRT) sejak tahun 2017. Molex Renewable Team (MRT) merupakan salah satu organisasi dari UNISSULA tepatnya fakultas teknologi industri yang bergelut pada energi terbarukan khususnya energi listrik. Agar mobil Prototype sesuai dengan peraturan dari KMHE, tentunya membutuhkan kerangka mobil dan kursi pengemudi yang sesuai. Masalah yang ada dalam tim MRT selama ini yaitu belum pernah membuat kerangka dan kursi pengemudi mobil Prototype pada ajang perlombaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain kerangka mobil Prototype yang baik sesuai dengan ketentuan lomba dan untuk mendapatkan perancangan kursi pengemudi yang sesuai dengan pengemudi agar nyaman saat digunakan. Jumlah sempel yang digunakan sebanyak 30 responden pada tim mobil listrik. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan antropometri yaitu pedekatan dengan mengukur dimensi tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa desain kerangka mobil prototype pada kursi pengemudi dapat digukan secara baik dengan panjang pantat popliteal (PPP) dimana P50 = 42,567 sehingan panjang alas kursi 43 cm, lebar pinggul (LP) dimana P95 = 37,169 sehingga lebar alas kursi 38 cm, tinggi bahu duduk (TBD) dimana P50 = 62.633 sehingga tinggi sandaran 62 cm, lebar bahu (LB) dimana P95=50,001sehingga lebar sandaran 50 cm, lebar kepala (LK) dimana P95 = 20,008 sehingga lebar sandaran kepala 20 cm, berat badan (BB) dimana P95 = 76,626 sehingga berat badan 77kg. Kata Kunci : Perancangan Design, Kerangka dan Kursi Pengemudi, Ergonomi, Antropometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:57
Last Modified: 12 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item