EFEKTIVITAS PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN DENGAN KONTRAK PEMELIHARAAN RUAS PANJANG (LONG SEGMENT)

WIBOWO, HADI BERANTAS (2021) EFEKTIVITAS PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN DENGAN KONTRAK PEMELIHARAAN RUAS PANJANG (LONG SEGMENT). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (572kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (232kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (514kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (885kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Bertitik tolak dari permasalahan pemeliharaan yang dirasa kurang memenuhi kebutuhan kenyamanan jalan, maka dilakukan evaluasi terhadap sistem kontrak konvensional, penanganan dengan metode konvensional seringkali terjadi menjadi tidak efektif akibat berbagai macam faktor. Oleh karena itu Satker SKPD TP Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah menganggap perlu adanya perubahan dalam sistem pemeliharaan dan mulai sejak Tahun Anggaran 2016 mulai dilaksanakan dengan penerapan kontrak pemeliharaan ruas panjang (long segment) yang berada di jalur lintas tengah Provinsi Jawa Tengah dengan panjang ruas jalan nasional jalur tengah 99,95 Km dari Parakan-Wonosobo-Banjarnegara-Bts.Kab. Banyumas. Dari gambaran tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji tingkat efektifitas penanganan pemeliharaan jalan dengan skema kontrak Pemeliharaan Ruas Panjang (long segment) dengan panjang paket ±100 km, dan mengetahui nilai manfaat antara penanganan pemeliharaan dengan skema kontrak pemeliharaan ruas panjang (long segment) dengan sistem kontrak konvensional sebagai bahan evaluasi kedepan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan Metode penelitian kuantitatif-positivistik teknik analisis dengan menggunakan metode surface distress index (SDI) dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas penanganan pemeliharaan jalan dengan skema kontrak pemeliharaan ruas panjang (long segment) lebih efektif dari sistem kontrak konvensional memiliki nilai efektivitas 18,455 dengan katagori sangat efektif (sangat efektif = 0% - 19%; efektif = 20% - 39%; kurang efektif 40% -59%; Tidak efektif = 60% - 79%; Sangat tidak efektif = 80% - 100%) dan nilai manfaat antara penanganan pemeliharaan dengan skema kontrak pemeliharaan ruas panjang (long segment) lebih baik dengan nilai manfaat 18,528 dimana nilai kondisi SDI bernilai positif (+), hal ini menunjukkan bahwa adanya perbaikan nilai kondisi jalan SDI dari sistem kontrak konvensional dengan hasil jalan bertambah baik. Kata kunci :pemeliharaan ruas panjang, long segment, efektifitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:06
Last Modified: 28 Dec 2021 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21678

Actions (login required)

View Item View Item