ANALISIS RISIKO PADA PROYEK JALAN LINGKAR UTARA BREBES - TEGAL

SALSABILLA, NADYA SHAFIRA (2021) ANALISIS RISIKO PADA PROYEK JALAN LINGKAR UTARA BREBES - TEGAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (604kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (408kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (664kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (573kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Risiko merupakan sebuah konsekuensi dari adanya ketidakpastian kondisi. Risiko akan selalu ada pada setiap proyek konstruksi karena pada dasarnya proyek konstruksi merupakan kegiatan yang unik, dinamis dan berisiko. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi risiko, melakukan penilaian tingkat risiko serta melakukan penanganan terhadap risiko tinggi yang berpengaruh pada proyek. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data sekunder dan data primer. Data primer yaitu data identifikasi risiko, data tingkat risiko dan data respon risiko. Data sekunder yaitu data struktur organisasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan metode Probability and Impact matrix (PIM). Berdasarkan hasil analisis kemudian ditentukan kategori dan ranking risiko. Pada tahap terakhir dilakukan analisis penanganan terhadap risiko tinggi. Hasil analisis identifikasi risiko dari penelitian ini didapatkan 33 risiko kemudian hasil analisis dengan metode Probability and Impact matrix (PIM) didapatkan 3(tiga) risiko tinggi yaitu data desain tidak lengkap, pertentangan kepentingan dengan warga, informasi proyek yang tidak memadai (uji tanah dan laporan survei). Sepuluh risiko masuk pada kategori moderat yaitu risiko kerusakan peralatan, kebijakan pemerintah yang tidak stabil, produktivitas tenaga kerja, kurang koordinasi, ketidakjelasan informasi lingkup pekerjaan pada saat penjelasan pekerjaan, terjadi inflasi, penjadwalan program yang kurang tepat, tidak tersedianya tenaga professional, kurang mempertimbangkan biaya tak terduga, prosedur persetujuan pemerintahan yang berlebihan dan 20 risiko lainnya masuk pada kategori rendah. Strategi penanganan terhadap risiko tinggi untuk risiko data desain tidak lengkap yaitu dengan mengevaluasi kelengkapan setiap dokumen dengan teliti, melakukan review design dengan mencari expert design independent. setelah dilakukan review design pihak kontraktor mengajukan kepada pihak konsultan perencana untuk mendapatkan persetujuan. Risiko pertentangan kepentingan dengan warga penanganannya yaitu menambah tim keamanan di lokasi proyek, melakukan sosialisasi terhadap warga, melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak dan melibatkan pemilik proyek / pemerintah setempat. Penanganan risiko informasi proyek yang tidak memadai (uji tanah dan laporan survei) yaitu dengan mengupayakan untuk segera mengeluarkan hasil uji yang ada, mengatur dan mengeluarkan jadwal uji supaya pelaksana dapat mengatur jadwal pekerjaan sehingga tetap sesuai target. Kata Kunci: Risiko, Proyek jalan lingkar, Matriks frekuensi dan dampak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:10
Last Modified: 27 Dec 2021 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item