PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PAI DAN UPAYA MENGATASINYA DI SDN TLAHAB GEMUH KENDAL

Safitri, Umi Ulfiyani (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PAI DAN UPAYA MENGATASINYA DI SDN TLAHAB GEMUH KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keadaan negara saat ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mana saat ini negara kita sedang dilanda bala penyakit yang bernama virus corona. Virus ini berasal dari kota Wuhan, yang mana kota ini adalah salah satu kota yang berada di Cina. Virus ini mulai beredar pada akhir tahun 2019. Virus corona ini adalah suatu penyakit yang menyerang pada sistem pernafasan, yang mana gejalanya membuat pernafasan, tenggorokan menjadi terganggu dan juga mengalami gejala lain seperti mual-mual dan flu. Virus ini bisa menular melalui orang yang sudah positif terkena corona ini, biasanya melalui sentuhan. Virus corona ini banyak merubah suatu tatanan yang sudah tersusun rapi menjadi ricuh, seperti tidak boleh berhubungan dengan orang seperti biasanya dan juga tidak boleh berada dilingkungan yang berkerumunan dengan banyak orang. Dari berbagai dampak yang ditimbulkan virus corona ini membuat pemerintah tidak bisa tinggal diam dan harus segera merencanakan satu kebijakan, salah satunya adalah menjalankan semua pekerjaannya dari rumah. Salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan pada masa pandemi corona ini ialah dengan menetapkan belajar online atau belajar jarak jarak jauh, yang mana kegiatan ini dilakukan dengan tidak saling bertemu antara guru dan siswa. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus bisa memahami dan menggunakan alat teknologi seperti komputer, agar meringankan guru dalam proses mengajar. Dan juga agar dalam proses belajar siswa tidak mengalami rasa bosan dan jenuh, maka guru bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana permainan dengan cara mengirimkan video lucu namun yang masih berkaitan dengan materi pelajaran. Sehingga apa yang menjadi tujuan guru bisa tercapai dengan maksimal. Sistem pembelajaran jarak jauh atau belajar online ini merupakan jalan keluar atau cara terbaik dimasa pandemi ini agar tetap berjalan seperti biasanya. Kendatipun sudah berdasarkan atas mufakat bersama, akan tetapi faktanya belajar online ini mengakibatkan beberapa problematika atau kendala. Bagi seorang pendidik belajar online lebih cocok untuk tugas pekerjaan rumah (PR) saja. Pendidik beranggapan bahwa hal ini sangat menyusahkan siswa dalam menguasai materi pendidikan agama Islam. Khususnya pada siswa jenjang terbawah seperti TK dan SD. Yang mana karakternya adalah masih suka bermain, dan masih banyak pula yang belum tahu tentang apa itu alat-alat elektronik. Adapun rumusan msalah ini adalah (1) Bagaimana Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Tlahab Gemuh Kendal. (2) Problematika Apa Saja Yang Terjadi Pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Tlahab Gemuh Kendal. (3) Bagaimana Solusi Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Tlahab Gemuh Kendal. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk meneliti status klompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Hasil analisis yang telah dapat ditarik kesimpulan bahwa Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tlahab Gemuh Kendal, dalam menjalankan proses pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini bisa terlaksana dengan baik apaila faktor pendukung bisa terlaksana dengan baik juga, diantaranya faktor pendukung ialah tenaga pendidik atau guru, peserta didik atau siswa, dan metode mengajar, juga termasuk sarana dan prasarana dan tentunya adanya interaksi atau hubungan timbal balik anatara guru dan siswa dengan baik. Problematika pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tlahab Gemuh Kendal problematika atau kendala yang terjadi dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh guru PAI ialah diantaranya adalah hampir seluruh peserta didik yaitu 80% yang tidak menyukai belajar daring atau belajar dengan jarak jauh dan sisanya 20% peserta didik yang suka, masih banyak juga dari peserta didik dan orang tua yang GapTek (Gagap Teknologi), juga disebabkan karena keterbatasan fasilitas yang masih kurang memadai, sinyalnya yang susah, boros kuota, dan peserta didik yang kurang responsif sehingga mereka sering ketinggalan informasi dari guru. Sedangkan problematika yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh ini diantaranya adalah banyak yang tidak faham dengan materi yang diberikan karena belajarnya menggunakan aplikasi Whattsap dan google classroom, jadinya berakibat tidak faham dan menimbulkan rasa tidak suka, sinyalnya juga susah untuk dijangkau dan mereka merasa bosan. Solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tlahab Gemuh Kendal. Solusi yang dapat dilakukan oleh guru PAI untuk mengatasi problem atau kendala yang dihadapi diantaranya ialah dengan menggunakan metode Home visit (berkunjung ke rumah) maksudnya ialah mengelompokkan siswa di rumah salah satu siswa SDN Tlahab ini, melakukan Ice breaking (memecahkan kebekuan suasana) hal ini dilakukan apabila dirasa peserta didik sudah mulai merasa bosan dan tidak semangat, dan guru juga selalu membantu peserta didiknya dalam beradaptasi, dan juga dengan memahami psikologis siswanya. Kata kunci : Problematika Pembelajaran Jarak Jauh, PAI, Upaya Mengatasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:49
Last Modified: 12 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item