INTERNALISASI NILAI NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING TEMATIK DAN QIROATI PADA PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL KOTA SEMARANG

NUFUS, NURUN (2021) INTERNALISASI NILAI NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING TEMATIK DAN QIROATI PADA PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING TEMATIK DAN QIROATI PADA PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU BINA AMAL KOTA SEMARANG Oleh : Nurun Nufus 31501700098 Proses internalisasi nilai-nilai keislaman biasanya dilakukan di sekolah, namun menjadi berhenti ketika pembelajaran sekolah telah selesai atau adanya libur panjang. Pembelajaran daring yang sudah ada aktifitasnya sejak lama kurang di manfaatkan keberadaannya, hingga di tahun 2020 seluruh aktifitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring termasuk proses internalisasi nilai-nilai keislaman. Dalam penelitian ini, terdapat empat rumusan masalah yang diangkat yakni (1) Bagaimana kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang, (2) Apa saja nilai keislaman yang diinternalisasikan melalui pembelajaran daring pada peserta didik di SD Islam Bina Amal Kota Semarang, (3) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran daring pada peserta didik di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang, (4) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran daring pada peserta didik di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang. Dari Rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan oleh SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang, (2) mengetahui nilai keislaman yang diinternalisasikan melalui pembelajaran daring pada peserta didik di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang, (3) mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai keislaman pada peserta didik di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang, (4) mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran daring pada peserta didik di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil tempat di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1, 4 dan 6. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang tidak hanya berisi tentang mata pelajaran umum tetapi juga di barengi dengan proses internalisasi nilai-nilai keislaman. Kegiatan penanaman nilai keislaman dilakukan dengan cara pembiasaan yang dilakukan selama dirumah setiap harinya, meliputi kegiatan harian dan mingguan dengan pemantauan secara berkala oleh orang tua siswa dirumah dan guru di sekolah. Berdasarkan penelitian tersebut, penanaman nilai keislaman yang dilakukan dengan pembelajaran daring di SD Islam Terpadu Bina Amal Kota Semarang bisa terus diperbaiki sistemnya dan masih di lakukan ketika pembelajaran offline disekolah sudah mulai aktif dan ketika ada libur panjang sehingga penanaman nilai keislaman tidak hanya terjadi di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:48
Last Modified: 12 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item