ANALISA DAMPAK LALU LINTAS DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA PENGEMBANGAN GEDUNG DI KAWASAN MASJID BAITURRAHMAN SEMARANG

Siti Rohmattun A., Siti Rohmattun A. and Riswanda, Shinta Putri (2021) ANALISA DAMPAK LALU LINTAS DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA PENGEMBANGAN GEDUNG DI KAWASAN MASJID BAITURRAHMAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (892kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (361kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (485kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (575kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (591kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)

Abstract

Analisa dampak lalu lintas (Andalalin) adalah suatu metode kajian dari masalah-masalah yang berkaitan dengan jalan akibat adanya suatu pengembangan kawasan di daerah tertentu. Rencana renovasi pengembangan terhadap kawasan Masjid Baiturrahman Semarang yang berada di Jl. Pandanaran, Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, dapat menurunkan tingkat kinerja jalan disekitarnya. Oleh karena itu, perlu adanya analisa untuk meningkatkan kinerja jalan tersebut. Analisa yang dilakukan terhadap kinerja lalu lintas meliputi sebelum pembangunan, saat pembangunan dan setelah adanya pembangunan. Dalam pelaksanaannya diperlukan data primer dan sekunder yang lengkap seperti data geometrik jalan, kondisi lingkungan, tingkat pelayanan jalan, data volume lalu lintas, jumlah penduduk, dan lain sebagainya. Untuk data tersebut dianalisa dan dihitung menggunakan metode dasar yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 sampai didapatkan hasil LOS dari suatu ruas dan simpang pada kondisi eksisting. Kemudian hasil kondisi eksisting dipakai untuk analisa saat pembangunan dan setelah pembangunan. Selanjutnya menganalisa kebutuhan parkir dan yang terakhir menyusun alternatif/rekomendasi dari dampak lalu lintas tersebut. Hasil analisa ini didapatkan nilai DS ruas dan simpang kondisi eksisting lebih dari 1 dan didapatkan kategori LOS adalah F pada pada periode jam puncak siang, yakni terjadi kemacetan dan hambatan samping yang cukup besar. Serta didapatkan hasil untuk ketersediaan ruang parkir yang belum mencukupi kebutuhan kendaraan pengunjung/jamaah. Sehingga perlu dilakukan analisa dampak lalu lintas yang komprehensif untuk solusi meminimalisirkan dampak yang terjadi dalam meningkatkan tingkat pelayanan jalan yang lebih baik serta menambah kapasitas parkir bagi Masjid Baiturrahman Semarang. Kata kunci: analisa dampak lalu lintas; kinerja lalu lintas; ruas dan simpang; MKJI 1997

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:13
Last Modified: 27 Dec 2021 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item View Item