Perdana, Haris Athiya and Wicaksono, Yoga Priyo (2021) ANALISIS LENDUTAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (588kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (520kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (601kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (515kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
Abstract
Jalan Pantura Raya Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah merupakan jalan dengan perkerasan kaku dan sering dilewati oleh berbagai macam kendaraan, salah satunya kendaraan berat. Beban dari kendaraan tersebut mengakibatkan lendutan pada perkerasan kaku yang berada di jalan Pantura Raya Kaligawe dan dapat menyebabkan kerusakan jalan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan analisis terhadap perkerasan kaku dengan beban maksimum yang terjadi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisa lendutan pada perkerasan kaku dengan menggunakan metode elemen hingga. Metode elemen hingga merupakan sebuah metode dengan menggabungkan beberapa elemen menjadi sebuah konfigurasi atau pemodelan yang sama seperti kondisi sebenarnya dan hasil analisisnya akan dijadikan acuan pada kondisi yang sebenarnya. Metode pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap identifikasi, tahap pengumpulan dan pengolahan data, dan tahap hasil serta kesimpulan. Pada tahap pengumpulan dan pengolahan data program software yang digunakan yaitu Abaqus 2017, digunakan untuk membuat model tiga dimensi dan untuk menganalisa lendutan yang terjadi pada perkersan kaku. Ketika telah didapatkan hasil dari analisis pada tiap jenis perkerasan kaku, yaitu perkerasan kaku bersambung tanpa tulangan, perkerasan kaku bersambung dengan tulangan, dan perkerasan kaku menerus dengan tulangan. Dari analisis dengan Metode Elemen Hingga, didapatkan hasil lendutan akibat gaya uplift pada perkerasan kaku bersambung tanpa tulangan sebesar 9,2 mm, pada perkerasan kaku bersambung dengan tulangan sebesar 8,57 mm, dan pada perkerasan kaku menerus dengan tulangan yang mengalami gaya uplift sebesar 1,41 mm. Kata kunci : perkerasan kaku, lendutan, metode elemen hingga, abaqus 2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21565 |
Actions (login required)
View Item |