ANALISISPERBANDINGANPERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE CERUCUK MATRAS BETON DAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (STUDI KASUS JALAN TOL BALIKPAPAN – SAMARINDA)

Sausani, Elsa Athaya and ‘Aeny, Rikza Ikhwarrotul (2021) ANALISISPERBANDINGANPERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE CERUCUK MATRAS BETON DAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (STUDI KASUS JALAN TOL BALIKPAPAN – SAMARINDA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (421kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (725kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (523kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (664kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda STA 19+875 memiliki sifat tanah yang lunak. Tanah lunak adalah tanah yang memiliki penurunan (settlement) tanah yang besar dan memiliki daya dukung tanah yang rendah, maka dari itu perlu dilakukan perbaikan tanah menggunakan metode Cermaton (Cerucuk Matras Beton)dan metode Prefabricted Vertical Drain (PVD). Tujuan dilakukannya analisis terhadap kedua metode tersebut adalah untuk mengetahui penurunan tanahnya, angka safety factor dan besar biaya pelaksanaan konstruksi. Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisa perbandingan Cermaton (Cerucuk Matras Beton) dengan dimensi minipile : 0,2 x 0,2 x 10 meter dan matras beton 0,2 x 0,2 meter untuk meningkatkan daya dukung tanah dan stabilitas tanahnya. Sedangkan,untuk Perbaikan menggunakan metodePrefabricated Vertical Drain (PVD) yang dipasang sedalam 13 meter, pipa yang akan dipasang pada metode PVD berfungsi untuk mendistribusikan air keluar secara vertikal. Berdasarkan analisis pada Plaxis 2Dv.8.2, pada pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda STA 19+875 dengan menggunakan metode PVD, maka didapatkan pada tahap akhir penurunan tanahnya sebesar 0,69 m dan safety factor-nya sebesar 1,5 dan pada permodelan dengan cermatonpada tahap akhir penurunan tanahnya sebesar 0,092 m dan safety factor-nyasebesar 2,3 . Biaya pada perbaikan dengan menggunakan PVD adalah sebesar Rp. 697.213.075.10 dan dengan cermaton adalah sebesar Rp. 1.579.789.875,20. Kata Kunci : Jalan Tol,Prefabricated Vertical Drain (PVD), Cermaton (Cerucuk Matras Beton), Plaxis 8.2, Penurunan Tanah, Safety Factor, Anggaran Biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Dec 2021 08:06
Last Modified: 24 Dec 2021 08:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item