NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM DALAM BUKU LEMBAGA HIDUP KARYA BUYA HAMKA

NUHA, AHMAD ULIN (2021) NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM DALAM BUKU LEMBAGA HIDUP KARYA BUYA HAMKA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (473kB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah komponen yang paling penting dalam dunia pendidikan. Tidak hanya pengetahuan saja namun juga harus di imbangi dengan kekuatan spiritual keagamaan agar menjadi manusia yang seutuhnya (Insan Kamil) yang sesuai dengan norma Islam. Pendidikan sendiri tidak hanya didapatkan melalui sekolah formal saja, melainkan dari mana saja termasuk pendidikan dalam keluarga dan masyarakat sekitar. Salah satunya melalui buku Lembaga Hidup karya Prof. Dr. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Lembaga Hidup. 2) Membentuk kepribadian muslim menurut HAMKA dalam buku Lembaga Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di dalam buku Lembaga Hidup karya Buya Hamka terdapat : 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Lembaga Hidup, yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak. 2) Membentuk kepribadian muslim menurut HAMKA dalam buku Lembaga Hidup, yaitu dengan memenuhi ragam kewajiban, kewajiban kepada Allah, kewajiban kepada masyarakat, kewajiban dalam keluarga, kewajiban menuntut ilmu. Dari ketiga nilai pendidikan Islam tersebut ada kaitannya dengan bagaimana membentuk pribadi muslim. Seperti kewajiban kepada Allah ada kaitannya dengan nilai akidah dan ibadah, sebagai makhluk ciptaan Allah seorang muslim berkewajiban meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang di sembah dan menjalankan apa yang menjadi perintahnya dengan menjalankan sholat lima waktu. Kewajiban kepada masyarakat ada kaitannya dengan nilai pendidikan akhlak, bagaimana orang muslim hidup ditengah-tengah masyarakat harus mempunyai akhlak yang baik, harus bisa bagaimana memuliakan orang yang lebih tua darinya, bertutur kata yang sopan, dan juga harus bisa menghargai pendapat orang lain. Kewajiba dalam keluarga berkaitan dengan kesemua nilai tersebut, di dalam keluarga peran yang paling penting adalah orang tua, orang tua harus bisa mengajarkan anaknya untuk mengenalkan Allah sejak usia dini agar anak tahu siapa Tuhannya, kemudian di ajarkan menjalankan sholat berjamaah agar terbiasa mulai sejak dini, dan mengajarkan kepada anak bagaimana berbuat yang baik sopan santun sehingga semua itu diharapakan agar anaknya kelak menjadi pribadi muslim yang taat kepada ajaran agama Islam. Kemudian yang terakhir kewajiban menuntut ilmu juga berkitan dengan kesemua nilai pendidikan tersebut, karena untuk mendapatkan kesmua itu dibutuhkan pengetahuan dan juga pemahaman yang manu harus didapatkan dengan menempuh pendidikan baik di lembaga formal maupun lembaga non formal. Kata Kunci: nilai, pendidikan Islam, buku lembaga hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:31
Last Modified: 12 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item View Item