PENGEMBANGAN “BALING” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN SUMBERMULYO 01

Juari, Erwin Winaryati Dyah Ristanti Ari (2020) PENGEMBANGAN “BALING” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN SUMBERMULYO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Juari, Erwin W.D.R.A. 2020. Pengembangan “BALING” untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Sumbermulyo 01. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I : Rida Fironika K., M.Pd., Pembimbing II : Yunita Sari, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pokok bahasan lingkaran serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil prestasi belajar siswa khususnya materi lingkaran serta kurangnya referensi yang digunakan oleh guru pada saat pembelajaran school from home (daring). Bahan ajar ini bisa diakses oleh siswa melalui smartphone dan komputer. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysisi-Design-Development-Implementation-Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan bahan ajar BALING dihasilkan persentase kelayakan dari tiga validator sebesar 86,22% dan termasuk dalam kritria layak. Hasil respon guru memperoleh skor 48 dengan hasil persentase sebesar 90%, dan hasil respon siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 50 dengan hasil persentase 98% sehingga dinyatakan sebagai bahan ajar yang praktis. Nilai rata-rata siswa meningkat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji gain sebesar 0,69 menunjukkan bahan ajar BALING dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar BALING dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Sumbermulyo 01. Kata Kunci : Bahan Ajar, Matematika, Prestasi Belajar, Lingkaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item View Item