Dahab, Riska Abadiah (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SDN DELES 01 BATANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Riska Abadiah Dahab. 2020. Pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas dan kerjasama siswa kelas V SDN Deles 01 Batang, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Agung. Pembimbing I: Yunita Sari., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd. Pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas dan kerjasama siswa kelas V SDN Deles 01 Batang. Kreativitas dan kerjasama siswa secara umum masih tergolong kurang, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasam siswa. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa sehingga diharapkan dapat mengembangkan berbagai keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa termasuk kreativitas dan kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas dan kerjama siswa kelas V SDN Deles 01 Batang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji multivariate tests hasilnya adalah output Multivariate tests di atas nilai signifikan dilihat pada Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root yang terdapat pada effect kelas dan diperoleh keseluruhan sama yaitu sebesar 0, 012 dengan F test untuk Hotelling Trace sebesar 4.885. Nilai signifikan tersebut kurang dari 0,05, maka menurut kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara Project Based Learning dengan kreativitas dan kerjasama siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji Between-Subjects Effects variabel nilai kerjasama siswa, angka signifikan yang diperoleh 0,024 dengaan nilai F test 5.471. Pada variabel kreativitas angka signifikan yang diperoleh 0,012 dengan nilai F test 6.914. Hasil ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara Project Based Learning dengan kreativitas dan kerjasama siswa pada kelas eksperimen dan kelas control. Dengan begitu sangat dianjurkan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa. Kata Kunci:Pengaruh, Model Project Based Learning, Kreativitas, Kerjasama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:30 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21497 |
Actions (login required)
View Item |