PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ASUSILA AKIBAT PENGARUH INTERNET (Studi Kasus di Kepolisian Resort Demak)

Intan Nadyasari, Tabah (2021) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ASUSILA AKIBAT PENGARUH INTERNET (Studi Kasus di Kepolisian Resort Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (535kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (247kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (327kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (589kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (463kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (348kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan dan penggunaan teknologi internet di zaman sekarang ini menjadikan keberadaan dari teknologi itu sendiri semakin populer. Teknologi sekarang ini semakin canggih dan juga dapat memungkinkan terobosan baru pada perangkat yang ada untuk membuat media baru yang lebih mudah diakses oleh semua orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan peran dan pelaksanaan kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana asusila akibat pengaruh internet. serta mengetahui kendala yang dialami kepolisian dalam melakakukan penanggulangan tindak pidana asusila akibat pengaruh internet. Semakin berkembangnya media sosial semakin banyak penggunanya, mulai dari usia lanjut hingga anak-anak dibawah umur yang sebenarnya tidak menggunakan perangkat atau smartphone dan tidak mengakses internet, khususnya media sosial. Namun keberadaan media sosial tidak sesuai dengan kenyataan yang ada media sosial lebih banyak konten yang seharusnya tidak dapat diakses publik, contoh konkret dari konten Kejahatan Asusila. Maraknya kejahatan asusila tentunya perlu segera diantisipasi guna melindungi masyarakat, mengingatnya kejahatan asusila karena perkembangan teknologi media sosial dengan akses yang mudah ke situs-situs-situs porno. Akibat dari kurangnya pengawasan pemerintah terhadap masyarakat yang menyebabkan masyarakat melakukan tindakan untuk mengamati perbuatan asusila di internet, juga memiliki pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter masyarakat. Fenomena tindak pidana asusila yang menyimpang dilandasi oleh pemahaman yang buruk tentang Agama yang memudahkan untuk melakukan perbuatan keji dan sadis serta tidak mengenal dosa. Selain itu, diperlukan pengawasan yang melekat dan kepedulian masyarakat yang besar untuk memberikan wawasan atau masukan. Pemerintah khususnya Kepolisian harus memberikan perhatian yang serius terhadap para korban kejahatan asusila akibat pengaruh internet dan melakukan tindakan pencegahan yang cepat untuk melindungi masyarakat dari kejahatan dunia maya. Langkah- langkah tersebut bertujuan untuk mengkriminalisasi beberapa tindakan yang mengindikasikan munculnya Cyber Crime pada target audiensnya, sebagai korban dari beberapa bentuk kejahatan adalah kejahatan online asusila / seksual. Kata Kunci: Kepolisian, Kejahatan Asusila, Internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:25
Last Modified: 12 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item