PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS KERUGIAN PENGIRIMAN BARANG MENURUT UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus PT. Jalur Nugraha Ekakurir di Ambarawa)

abilla Nimas Yuniar, Shal (2021) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS KERUGIAN PENGIRIMAN BARANG MENURUT UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus PT. Jalur Nugraha Ekakurir di Ambarawa). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (396kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

PT. Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan penyedia jasa pengangkutan/pengiriman barang yang menyelenggarakan usahanya dengan cara memberikan layanan pengiriman barang ke tempat tujuan dengan selamat dan tepat waktu tergantung dari pilihan layanan yang digunakan. Namun, dalam proses pengiriman barang dapat terjadi kerugian yang mana dapat diakibatkan oleh kesalahan/kelalaian JNE sebagai pihak pengangkut. Dengan demikian menarik untuk ditinjau secara yuridis mengenai pelaksanaan perlindungan konsumen atas kerugian pengiriman barang dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan konsumen atas kerugian pengiriman barang menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di JNE Ambarawa; 2) Apa kendala yang dialami pihak JNE dalam pelaksanaan pengiriman barang sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis, sumber dan jenis data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder, analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan serta studi lapangan. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian bertempat di JNE Cabang Ambarawa. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan perlindungan kosumen atas kerugian pengiriman barang dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pelindungan konsumen atas kerugian pengiriman barang yang terdapat di JNE dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta klausula baku yang telah ditentukan oleh JNE. Kerugian yang terjadi oleh konsumen merupakan tanggung jawab JNE untuk memberikan ganti rugi, sesuai dengan Pasal 19 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen; 2) kendala yang dialami oleh JNE dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu kurangnya karyawan, hilang dan rusaknya barang kiriman, tarif harga tinggi, dan lemahnya tracking informasi, faktor eksternal yaitu kesalahan informasi alamat yang diberikan konsumen. Solusinya yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan Pasal 4 huruf a, c, dan d, Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta konsumen wajib memberikan informasi yang lengkap sesuai dengan Pasal 5 huruf a UndangUndang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Kerugian Pengiriman Barang, PT. JNE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:23
Last Modified: 12 Jan 2022 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item