PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ATAS PELANGGARAN LALU LINTAS BERAKIBAT KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Satlantas Polres Rembang)

AFIFAH, NUR (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ATAS PELANGGARAN LALU LINTAS BERAKIBAT KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Satlantas Polres Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (339kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas oleh anak yang menyebabkan kematian korban merupakan perbuatan sangat disayangkan oleh semua pihak karena seorang anak yang terlibat kecelakaan lalu lintas menyebabkan kematian korban harus bertanggung jawab atas perbuatannya. Perbuatan pidana yang dilakukan oleh anak tersebut adalah kecelakaan lalu lintas, belum memenuhi syarat untuk mengemudikan kendaraan bermotor serta mengakibatkan kematian pada korban. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yaitu pertanggungjawaban pidana terhadap anak pelanggar kecelakaan lalu lintas dan peran preventif yang dilakukan kepolisian dalam menanggulangi kasus kecelakaan lalu lintas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban pidana terhadap anak pelanggar kecelakaan lalu lintas yang berakibat kematian dan peran preventif yang dilakukan kepolisian dalam penanggulangan kasus kecelakaan lalu lintas berakibat kematian yang dilakukan oleh anak. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis yang bertujuan untuk melihat secara langsung upaya yang dilakukan oleh Satlantas Polres Rembang untuk menjelaskan pertanggungjawaban pidana yang dilakukan oleh anak di Kabupaten Rembang. Peneliti ini menggunakan bahan hukum data primer saan sekunder terkait studi observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang diperoleh dalam proses akan dianalisis secara kualitatif atau lebih dikenal dengan analisis depkriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Pertanggungjawaban pidana atas pelanggaran lalu lintas berakibat kematian yang dilakukan oleh anak di Satlantas Polres Rembang diupayakan Diversi karena pidana yang diterapkan terhadap anak tidak boleh sama pemidanaanya dengan pemidanaan yang dijatuhkan dengan pelaku dewasa. Tujuan memberlakukan diversi pada kasus seorang anak antara lain adalah menghindarkan proses penahanan terhadap anak dan pelabelan anak sebagai penjahat., Anak di dorong untuk bertanggungjawab atas kesalahanya. kesepakatan Diversi harus mendapatkan persetujuan korban dan/atau keluarga anak korban dengan kesediaan anak dan keluarganya. Sedangkan peran preventif yang dilakukan kepolisian dalam menanggulangi kasus kecelakaan lalu lintas berakibat kematian yang dilakukan oleh anak yaitu dengan upaya pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya suatu kejahatan (preventif) berupa himbauan, terutama himbauan kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor dan melakukan sosiaalilasi ke sekolah-sekolah atau upaya hukum (represif) berupa teguran dan tilang. Kata Kunci : Anak, Pertanggungjawaban Pidana, Pelanggaran Lalu Lintas dan Kematian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:16
Last Modified: 12 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item