TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI KABUPATEN SEMARANG (Studi Putusan Nomor 38/Pid.Sus/2018/PN Unr)

Rofi’ud Darojat, Muhammad (2021) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI KABUPATEN SEMARANG (Studi Putusan Nomor 38/Pid.Sus/2018/PN Unr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (498kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (399kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (328kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (539kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (492kB)

Abstract

Pandangan hukum tentang pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana narkotika merupakan penjatuhan pidana terhadap pelaku yang telah melakukan kejahatan dengan menguasai, memiliki, menggunakan narkotika yang akan dijatuhkan hukuman sebagaimana yang diatur didalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemidanaan yang dilakukan oleh hakim terhadap pelaku tindak pidana narkotika dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana bagi pelaku tindak pidana narkotika. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yaitu mendeskripsikan data yang berada di lapangan dengan menggunakan jenis dan sumber yang terdiri dari data primer yang bersumber dari lapangan melalui hasil wawancara terhadap Hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Semarang dan data sekunder terdiri dari bahan hukum diperoleh dari kepustakaan melalui dokumen-dokumen resmi, buku-buku dan hasil penelitian yang berwujud laporan. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Pengadilan Negeri kabupaten Semarang, dilihat dari dasar pemidanaan dengan melihat surat dakwaan dan tindak pidana apa yang dilanggar oleh terdakwa, disitu hakim akan menjatuhkan pidana sebagaimana yang dilakukan oleh terdakwa tindak pidana narkotika dalam perkara nomor 38/Pid.Sus/2018/PN Unr sesuai dengan jenis pelanggaran Pasal 112 narkotika bukan tanaman dan Pasal 127 ayat (1) percobaan penyalah guna narkotika golongan I bagi diri sendiri. Dan dilihat dari peristiwa tindak pidananya, ada tidaknya kesalahan terdakwa itu dinyatakan bisa bersalah dilihat melalui fakta-fakta hukum yang berada saat persidangan dan hukum yang mengaturnya, dimintai pertanggungjawaban terhadap tindakan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh korban. Kemudian pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana terhadap pelaku tindak pidana narkotika dilihat dari hal-hal memberatkan dan meringankan terdakwa, di sisi lain hakim menjatuhkan dengan melihat 2 (dua) unsur yaitu unsur normatif (kepastian hukum) dan filosofis (keadilan) dalam mempertimbangkan penjatuhan hukuman terhadap pelaku tindak pidana narkotika. Kata kunci : Pemidanaan, Tindak Pidana, Narkotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:15
Last Modified: 12 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item