KINERJA SHOPEE DALAM PRESPEKTIF KONSUMEN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG N0. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Sisi Prameswary Ainun Nisa, Moudya (2021) KINERJA SHOPEE DALAM PRESPEKTIF KONSUMEN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG N0. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (890kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (538kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (548kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (893kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (756kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan faktor utama terjadinya sistem pergeseran transaksi jual beli dari face to face menjadi online. Aplikasi e-commerce pun bermunculan melakukan persaingan ekonomi secara kreatif dan inovatif. Salah satu aplikasi yang memiliki jumlah pengguna tertinggi adalah Shopee, perusahaan asal Singapura ini perlahan menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dengan tingginya pengguna aplikasi Shopee perlu adanya perlindungan hukum bagi konsumen sehingga terciptanya proses transaksi yang saling menguntungkan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kinerja e-commerce khususnya Shopee dalam prespektif konsumen berdasarkan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis Sosiologis. Alasan penggunaan metode pendekatan yuridis sosiologis dalam penelitian ini dikarenakan permasalahan yang diteliti berkaitan dengan faktor tersebut dan diharapkan mencapai hasil yang konkrit antara kaidah hukum dengan fakta yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri. Dengan menggunakan metode tersebut peneliti akan meneliti peraturan perundang-undangan khususnya Undang-Undang Perlindungan Konsumen sudah terimplementasi dengan baik atau tidak terutama bagi konsumen pengguna aplikasi Shopee. Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja e-commerce khususnya Shopee dalam prespektif konsumen berdasarkan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, mengetahui keuntungan dan kerugian yang dialami konsumen dalam menggunakan aplikasi Shopee serta mengetahui penyelesaiann sengketa dalam menggunakan aplikasi Shopee saat melakukan transaksi jual beli online. Dari hasil penelitian ini Undang-Undang Perlindungan Konsumen sudah diterapkan dengan baik dari segi konsumen, pelaku usaha, maupun pihak Shopee itu sendiri. Serta diterangkan juga mengenai keuntungan dan kerugian konsumen dan penyelesaian sengketa yang dialami pengguna aplikasi Shopee. Kata K unci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:12
Last Modified: 12 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item