TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Putusan Nomor 13/Pid.Sus-Anak/2018/PN Smg)

Eka Rahmasari, Marsianda (2021) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Putusan Nomor 13/Pid.Sus-Anak/2018/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (553kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (364kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (548kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (370kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (458kB)

Abstract

Meningkatnya kasus tindak pidana di Indonesia yang menyangkut seorang anak sebagai pelaku kejahatan akhir-akhir ini marak terjadi. Salah satunya dalam kasus pembunuhan berencana. Seorang anak yang menjadi pelaku dalam kasus pembunuhan berencana termasuk perbuatan yang keji mengingat anak adalah anak yang sudah berumur dua belas tahun, tetapi belum berumur delapan belas tahun berbuat tindak pidana. Sesuai dengan hal tersebut, peneliti berminat guna melaksanakan penelitian yang berjudul “Tinjauan Yuridis Pemidanaan Terhadap Anak Sebagai Pelaku Tindak Pidana Pembunuhan Berencana (Studi Kasus Putusan Nomor 13/Pid.Sus-Anak/2018/PN Smg)”. Penelitian memiliki tujuan guna memahami dasar hukum pidana yang diterapkan pada tindak pidana pembunuhan berencana yang dilaksanakan oleh anak dan pertimbangan hakim ketika memberikan hukuman atas anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan berencana. Metode penelitian yang dipakai pada penulisan ini memakai metode pendekatan yuridis empiris, yang selaras pada peraturan Undang-Undang yang sudah ditetapkan dan fakta-fakta di lapangan. Penelitian ini memiliki sifat deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan dengan cara keseluruhan obyek yang diteliti dengan cara sistematis yaitu secara melakukan analisis data yang berkaitan dengan anak yang merupakan pelaku tindak pidana pembunuhan berencana. Berdasarkan hasil penelitian dalam penulisan ini membuktikan bahwa: (1) Dasar hukum pidana yang diterapkan pada Putusan Nomor 13/Pid.SusAnak/2018/PN Smg ialah menggunakan Pasal 340 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke1 UURI Nomor 11 Tahun 2012 terkait Sistem Peradilan Pidana Anak karena unsur-unsur dakwaan Pertama Primairnya sudah terpenuhi semuanya, maka Majelis tidak perlu membuktikan dakwaan yang lainnya dan perbuatan pembunuhan berencana dan pelaku (pembuat/ dader) yang menyuruh melakukan serta ikut serta diatur dalam Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (2) Pertimbangan hakim ketika memberikan putusan ini didasarkan di seluruh bukti serta fakta yang terbukti pada persidangan dengan mempertimbangkan sejumlah hal yang meringankan serta sejumlah hal yang memberatkan sebagaimana pelaku pembuatnya masih seorang anak. Kata Kunci: Pemidanaan, Anak, Pembunuhan Berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:12
Last Modified: 12 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item