PERAN ADVOKAT DALAM MEMBANTU PENYELESAIAN KASUS TINDAK PIDANA SECARA PRODEO YANG ANCAMAN HUKUMANNYA DIATAS 5 (LIMA) TAHUN (Studi Kasus di PBH DPC PERADI Semarang)

Manunggaling Jati, Kriesna (2021) PERAN ADVOKAT DALAM MEMBANTU PENYELESAIAN KASUS TINDAK PIDANA SECARA PRODEO YANG ANCAMAN HUKUMANNYA DIATAS 5 (LIMA) TAHUN (Studi Kasus di PBH DPC PERADI Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (324kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (391kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (247kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (465kB)

Abstract

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), di dalam Pembukaan alinea pertama menyatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Maksud dan tujuan dari pernyataan tersebut adalah manusia sebagai makluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, pada hakekatnya memiliki harkat dan martabat yang sama dan harkat dan martabat ini tidak dapat di ganggu gugat dan dicabut oleh siapapun. Dengan demikian segala hal yang menyangkut perlindungan harkat dan martabat diatur lebih lanjut seperti diamanatkan dalam Pasal 28D ayat (1) UUD 1945, yaitu: “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.” Penulisan ini membahasPeran Advokat dalam menyelesaikan kasus tindak pidana prodeo yang ancaman hukumannya diatas 5 tahun.Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah pendekatan dengan melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Pendekatan sosiologi hukum merupakan pendekatan yang digunakan untuk melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai penunjang untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi temuan bahan non hukum bagi keperluan penelitian atau penulisan hukum. PBH DPC Peradi Semarang pada dasrnya tetap berlaku proesional terhadap terdakwa kasus tindak pidana prodeo, yang mana para narasumber mengatakan bahwa advokat baik itu profit atau non-profit harus tetap profesional dalam menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-undang dan kode etik advokat.Pemberian bantuan hukum terhadap terdakwa tidak mampu sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada sebagaimana ketentuan PERMA Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum namun belum dapat dikatakan efektif dan untuk mengukur efektivitas pemberian bantuan hukum tersebut setidaknya dapat ditentukan beberapa faktor diantaranya adalah faktor hukum itu sendiri yaitu Undang-undang dan peraturan lain yang terkait dalam hal ini sudah mengatur secara jelas, faktor aparat penegak hukum yakni advokat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya diusahakan selalu profesional, faktor sarana dan fasilitas yang layak dan memadai agar seluruh masyarakat kurang mampu dapat mengaksesnya. Kata Kunci: Bantuan Hukum, Advokat, Prodeo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:12
Last Modified: 12 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item