ANALISIS HUKUM PUTUSAN TINDAK PIDANA PENISTAAN AGAMA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG INFORMASI SERTA TRANSAKSI ELEKTRONIK (Studi Kasus Perkara No. 30/Pid.Sus/2018/PnUnr)

ARJUNA SANERA, FIKRI (2021) ANALISIS HUKUM PUTUSAN TINDAK PIDANA PENISTAAN AGAMA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG INFORMASI SERTA TRANSAKSI ELEKTRONIK (Studi Kasus Perkara No. 30/Pid.Sus/2018/PnUnr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (679kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (383kB)

Abstract

Seperti pada saat ini banyak kita lihat maraknya kejahatan melalui media social (Cyberscape), adapun contoh kejahatan melalui media social seperti penggelapan, penyebaran berita bohong dan penistaan agama, bahkan banyak masyarakat yang tidak mengetahui dengan sengaja menyebar luaskan kata-kata maupun gambar yang berbaur penodaan/penistaan agama, yang dimaksud denga penistaan agama adalah perbuatan yang disengaja untuk melukai atau menghina suatu agama atau hal-hal yang menyangkut suatu agama seperti yang terdapat dalam kasus dari terdakwa Yulius Heri Sarwono bin Bathi Utomo yang dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokok bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sanksi pemidanaan berdasarkan penistaan agama menurut Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang informasi serta transaksi elektronik, (2) untuk mengetahui apa yang menjadi pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan terhadap pelaku penistaan agama di Pengadilan Negeri Ungaran. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis sosiologis serta spesifikasi penelitian secara Deskriptif analitis dengan jenis data berdasarkan data primer dan data sekunder yang berdasarkan dari hasil wawancara serta kajian peraturan Perundang-Undangan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemidanaan berdasarkan penistaan agama menurut Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE yang tertuang dalam Putusan hakim No.30/Pid.Sus/2018/PnUnr bahwa terdakwa atas nama Yulius Heri Sarwono Bin Bathi Utomo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menistakan agama dan hakim menjatuhkan pidana dengan penjara selama 3 tahun dan denda sejumlah Rp 100.000.00,00 (seratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan. Pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan terhadap pelaku penistaan agama pada putusan No.30/Pid.Sus/2018/PnUnr adalah berdasarkan dari keadaan yang memberatkan dan meringankan yang terdapat dalam putusan. Kata Kunci : Pemidanaan, Penistaan Agama, UU ITE, pertimbangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:07
Last Modified: 12 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21231

Actions (login required)

View Item View Item