TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus Putusan Nomor 133/Pid.B/2018/PN Kdl)

Febiantoro, Febiantoro (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus Putusan Nomor 133/Pid.B/2018/PN Kdl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (411kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (421kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (527kB)

Abstract

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa masa depan hingga hari tuanya bersama keluarga akan terjamin apabila dapat menjadi seorang PNS. Pembahasan penulisan meliputi dasar hukum Pengadilan Negeri Kendal dan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana kepada pelaku tindak pidana penipuan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ini menjadi menarik dalam penelitian dengan judul “TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus Putusan Nomor 133/Pid.B/2018/PN Kdl)”, tujuan penelitian mengetahui dasar hukum Pengadilan Negeri Kendal dan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana kepada pelaku tindak pidana penipuan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Dalam penelitian ini menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala tertentu. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah Mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif, yaitu seluruh data yang diperoleh di inventarisasi, dikaji dan diteliti secara menyeluruh, sistematika dan terintegrasi mencapai kejelasan masalah yang akan dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dasar hukum Pengadilan Negeri Kendal dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil dalam Perkara Nomor 133/Pid.B/2018/PN Kdl adalah terpenuhinya unsur dalam ketentuan Pasal 378 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP yaitu penipuan secara terus menerus sebagai perbuatan yang dilanjutkan, selanjutnya Majelis Hakim memperoleh bukti dan keyakinan bahwa semua unsurunsur dari dakwaan alternatif kesatu Pasal 378 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP telah terbukti dan terpenuhi, maka Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, tidak adanya kendala dalam perkara ini karena alat bukti yang didapat selama proses pemeriksaan sudah jelas, seperti transferan yang telah diakui oleh Terdakwa sehingga dapat mempercepat jalannya persidangan. pemerintah harus meningkatkan upaya penegakan hukum terhadap pelaku penipuan dalam seleksi dan perlu adanya lembaga atau pihak yang menjadi pengawas dari adanya setiap seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). KATA KUNCI : CPNS, Tindak Pidana, Penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:07
Last Modified: 12 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item View Item