HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SANTRI DI PESANTREN AS-SA’ADAH TERBOYO SEMARANG

Rihartini, Rika (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SANTRI DI PESANTREN AS-SA’ADAH TERBOYO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa santri di Pesantren As-Sa’adah Terboyo, Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa santri di Pesantren As-Sa’adah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan subjek penelitian sebanyak 113 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala stres akademik terdiri dari 35 item dengan reliabilitas sebesar 0,953, skala kedua yaitu efikasi diri terdiri dari 26 item dengan reliabilitas sebesar 0,915, skala ketiga yaitu skala dukungan sosial teman sebaya terdiri dari 33 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,955. Uji hipotesis pertama menggunakan teknik korelasi analisis regresi ganda, diperoleh hasil R= 0,348 dengan signifikansi 0,001 (p<0,05), artinya ada hubungan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa santri As-Sa’adah yang berarti hipotesis pertama diterima. Efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 12,1 % terhadap stres akademik, serta 87,9 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hipotesis kedua dan ketiga menggunakan teknik analisis data korelasi parsial. Hipotesis kedua diperoleh rx1y = -0,284 dengan signifikansi 0,002 (p<0,05) menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa santri As-Sa’adah, maka hipotesis kedua diterima. Hipotesis ke tiga diperoleh rx2y = -0,105 dengan signifikansi 0,271 (p>0,05) menunjukan bahwa ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa santri As-Sa’adah, maka hipotesis ketiga dalam penelitian ini ditolak. Kata kunci : Stres Akademik, Efikasi Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:07
Last Modified: 12 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21219

Actions (login required)

View Item View Item