TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI TENAGA KERJA WANITA MENURUT UU NO. 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA

Dwijayanti, Eva (2021) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI TENAGA KERJA WANITA MENURUT UU NO. 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (506kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (585kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (861kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (670kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (518kB)

Abstract

Dalam melaksanakan pembangunan nasional diperlukan beberapa faktor yang menunjang seperti faktor tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan faktor kelancaran pembangunan dalam suatu negara, Untuk menjamin kesejahterahan tenaga kerja maka hak tenaga kerja harus di utamakan dalam suatu pembangunan, beberapa hak tenaga kerja terdapat hak keselamatan dan kesehatan kerja yang harus dilindungi oleh perusahaan, yang dimana pelaksanaanya diatur dalam UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja. Mengingat faktor tenaga kerja dalam proses pembangunan harus diperhatikan, oleh karena itu diperlukan usaha-usaha untuk membina, mengarahkan serta perlindungan bagi tenaga kerja wanita untuk menciptakan kesejahterahan. Dengan demikian ditinjau secara yuridis mengenai perlindungan keselamatan dan Kesehatan kerja bagi tenaga kerja wanita dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana perlindungan hukum terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja wanita; 2) Faktor-faktor apa yang menghambat dalam perlindungan hukum keselamatan dan Kesehatan kerja bagi para pekerja wanita. Metode penelitian ini adalah yuridis normatif. Pendekatan yuridis normatif ini menganalisa dan meninjau masalah menggunakan prinsip-prinsip dan asas-asas hukum. Spesifikasi penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, sumber data yang digunakan adalah data sekunder, meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Subyek penelitian ini adalah tenaga kerja wanita. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan. Dalam metode analisis data dipergunakan analisis data kulitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa pelaksanan pelindungan keselamatan dan Kesehatan kerja bagi tenaga kerja wanita yaitu telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. ditujukan dengan adanya Pasal 86 Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang mengatur mengenai hak tenaga kerja wanita untuk mendapat pelindungan keselamatan dan Kesehatan kerja meliputi waktu kerja, waktu istirahat dan cuti, tempat kerja dan fasilitas kerja. Faktor-faktor yang menghambat dalam pelindungan keselamatan dan Kesehatan kerja bagi tenaga kerja wanita yaitu faktor keselamatan meliput; faktor manusia, faktor material/bahan, faktor berbahaya, faktor yang di hadapi. Dan faktor Kesehatan kerja meliputi: faktor phisik, faktor kimia, faktor biologis, faktor faal dan faktor psikologi. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Tenaga Kerja Wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:05
Last Modified: 12 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item View Item