TINJAUAN YURIDIS TERHADAP BENTUK PEMBIAYAAN SYARIAH DAN PENYELESAIAN MASALAH PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA ADIRA FINANCE SYARIAH

Hendriawan, Erfin (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP BENTUK PEMBIAYAAN SYARIAH DAN PENYELESAIAN MASALAH PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA ADIRA FINANCE SYARIAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (594kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (271kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (315kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Indonesia termasuk Negara tingkat kebutuhannya semakin meningkat terutama dibidang sektor pereknomian, kondisi tersebut bisa diketahui dari berkembang baiknya berbagai lembaga keuangan bank dan non bank, bank bertujuan memberikan pinjaman kredit serta jasa keuangan terhadap pihak kreditur sedangkan non bank bertujuan untuk penerima dan menyalurkan dana yang dimanfaatkan sebagai penunjang pasar uang dan modal agar terus berkembang. Berdasarkan Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2009 tentang lembaga pembiayaan dan penyelesaian masalah pembiayaan syariah terdapat pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini ialah guna melihat dan memberikan penjelasan bagaimana Pelaksanaan pembiayaan Syariah diatur melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 31/POJK.05/2015 yaitu Tentang Penyelengaraan Usaha Pembiayaan Syariah, serta guna melihat dan memberikan penjelasan bagaimana hambatan-hambatan dalam pembiayaan syariah dan solusi penyelesaian masalah pada lembaga Adira Finance Syariah. Metode Penelitian dalam penulisan skripsi ini memanfaatkan metode pendekatan yuridis sosiologis serta spesifikasi penelitian secara Deskriptif Analisis dengan jenis data berdasarkan pada data Primer dan data Sekunder yang berdasarkan hasil Pengamatan dan Wawancara serta kajian Perundang-Undangan dan Peraturan-Peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Mengacu penelitian yang dihasilkan diketahui Pengertian hukum tentang bentuk pembiayaan syariah diatur melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 31/POJK.05/2015 dengan pelaksanaan pembiayaannya menggunakan akad murabahah. Pelaksanaan pembiayaan syariah di Adira Finance Syariah bahwa konsumen harus mengajukan permohonan dengan memenuhi syarat-syarat tertentu dari lembaga tersebut, jika memenuhi standar kelayakan maka akan diproses permohonan pembiayaannya dan konsumen tinggal mengangsur barang tersebut. Namun jika terjadinya pembiayaan bermasalah dalam Adira Finance Konvensional maupun Adira Finance Syariah adalah debitur akan diperingati dengan surat peringatan guna untuk mengetahui pembayaran sudah jatuh tempo dan jika debitur tidak mau membayar akan dilakukan penarikan benda yang diangsur oleh debitur Kata kunci : Pembiayaan Syariah, Pelaksanaan Pembiayaan Syariah, Penyelesaian Masalah Dalam Pembiayaan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:15
Last Modified: 07 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item