Pengaruh Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja Terhadap Pencapaian Identitas Diri Di SMPN 20 Semarang

Saputra, Niswara Agung (2014) Pengaruh Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja Terhadap Pencapaian Identitas Diri Di SMPN 20 Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Niswara Agung Saputra PENGARUH STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA REMAJA TERHADAP PENCAPAIAN IDENTITAS DIRI DI SMPN 20 SEMARANG 42 hal + 11 tabel + xii Latar belakang: Masa remaja termasuk masa perkembangan yang paling penting karena ada periode yang penting akibat perubahan fisik dan psikologis yang menimbulkan perlunya penyesuaian mental dan perlunya membentuk sikap, nilai dan minat baru yang terbentuk dalam pencapaian identitas diri. Pencapaian identitas diri ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sehingga stimulasi dianggap dapat mempengaruhi pencapaian identitas diri remaja. Tujuan penelitian adalah mengetahui tentang pengaruh stimulasi perkembangan psikososial terhadap pencapaian identitas diri remaja di SMPN 20 Semarang. Metode : Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental pre test -pos test with control group” dengan stimulasi perkembangan psikososial sebagai intervensinya. Populasi didalam penelitian ini adalahsiswa dan siswi SMPN 20 Semarang kelas VIII A, B dan E tahun ajaran 2013 yang berjumlah 95 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 80 siswa. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik dengan Paired sample t test diperoleh nilai p value sebesar 0,066 (> 0.05), sehingga dinyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pencapaian identitas diri pada kelompok kontrol sebelum dan sesudahnya. Hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh nilai p value sebesar 0.000 (< 0.05), sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang bermakna antara pencapaian identitas diri pada kelompok intervensi sebelum dan setelah diberikan stimulasi perkembangan psikososial Simpulan : Pemberian stimulasi perkembangan psikososial mampu meningkatkan pencapaian identitas diri remaja. Kata kunci : Stimulasi perkembangan psikososial, identitas diri, remaja Daftar pustaka : 22 (2003-2011)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2015 02:44
Last Modified: 30 Dec 2015 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item