TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN BALIK NAMA SERTIFIKAT HAK MILIK DALAM JUAL BELI TANAH (Studi Kasus Pada Kantor Notaris Dan PPAT Sandy Rahardjo, S.H., M.Kn Di Bandung Rejo Mranggen Demak)

Rizkiana, Della (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN BALIK NAMA SERTIFIKAT HAK MILIK DALAM JUAL BELI TANAH (Studi Kasus Pada Kantor Notaris Dan PPAT Sandy Rahardjo, S.H., M.Kn Di Bandung Rejo Mranggen Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (643kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (731kB)

Abstract

Tanah merupakan satu kesatuan dari bumi, tanah adalah sumber daya alam yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang telah diciptakan seluruh umat manusia terutama kepada bangsa Indonesia, tanah pula yang telah memberikan sumber kehidupan dan penghasilan guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kemakmuran bagi rakyat Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 yang terdapat pada Pasal 33 ayat (3) berbunyi “bumi air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan balik nama sertifikat hak milik dalam jual beli tanah Pada Kantor Notaris Sandy Rahardjo S.H., M.Kn Di Bandung Rejo Mranggen Demak dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan balik nama sertifikat hak milik dalam jual beli tanah Pada Kantor Notaris Sandy Rahardjo S.H., M.Kn Bandung Rejo Di Mranggen Demak. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis serta spesifikasi penelitian secara Deskriptif Analitis dengan jenis data berdasarkan pada data Primer dan data Sekunder yang berdasarkan hasil Observasi dan Wawancara serta kajian Perundang-Undangan dan Peraturan-Peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pelaksanaan balik nama sertifikat hak milik dalam jual beli tanah Pada Kantor Notaris Sandy Rahardjo S.H., M.Kn Di Bandung Rejo Mranggen Demak terdapat 3 (tiga) tahapan yang harus dilakukan. Yaitu Pertama, tahap persiapan sebelum melakukan proses jual beli tanah. Kedua, tahap pembuatan Akta Jual Beli (AJB). Ketiga, tahap balik nama sertifikat tanah yang diperjual belikan. Dan Hambatan dalam melakukan proses balik nama yaitu lamanya SOP (Standar Operasional Prosedur) Proses Balik Nama Sertifikat yang bukti kepemilikannya masih berupa Surat Daftar C (Letter C) dan Petuk D/Girik Kelurahan, Jual beli tanah yang merupakan tanah hasil dari warisan, terdapat ketidaksesuaian antara nama dalam sertifikat dengan identitas penjual, dan terdapat tunggakan pajak-pajak yang harus dibayarkan, solusinya adalah dengan melakukan Konversi di Kantor Kelurahan, membuat Surat Keterangan Waris (SKW), membuat surat Keterangan Identitas Resmi di Kantor Kelurahan, dan melakukan musyawarah antara pihak penjual dan pembeli tanah. Kata kunci : Balik Nama, Sertifikat, Hak Milik, Jual Beli Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:14
Last Modified: 07 Jan 2022 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item