TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN PELAKU PENYALAHGUNAAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA GOLONGAN I (Studi Putusan Nomor 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds)

Satria Bela Nusantara, Cantonanta (2021) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN PELAKU PENYALAHGUNAAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA GOLONGAN I (Studi Putusan Nomor 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (892kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (345kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (335kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (358kB)

Abstract

Di Indonesia akhir-akhir ini sangat marak dengan penyalahgunaan narkotika, seperti yang dilakukan HP sering mengonsumsi narkotika jenis shabu agar menambah stamina saat bekerja. Dapat terlihat dengan jelas maksud HP agar tubuhnya tidak terasa loyo dan sakit-sakitan tetapi penggunaan narkotika tersebut tanpa petunjuk ataupun resep dokter dan bukan pula untuk menyembuhkan penyakit atau sedang melakukan penelitian IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Hukum Pemidanaan pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika dalam Kasus Nomor 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds, dan untuk mengetahui dan memahami Hambatan – Hambatan Dalam Pemidanaan Penyalahgunaan Kasus No. 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan tanya jawab (wawancara) kepada narasumber yang bersangkutan di Pengadilan Negeri Kudus. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan cara membaca literatur dan buku-buku peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan materi yang akan dikemukakan di dalam skripsi, dan dengan menggunakan data sekunder sebagai pelaksanaan studi dokumentasi maupun penelitian kepustakaan, maka untuk teknis yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan data tersebut agar relevan untuk menunjang penelitian kasus narkotika ini. Dari penelitian yang dilakukan, penulis mendapatkan hasil yaitu Tinjauan Yuridis Pemidanaan pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika dalam Kasus Nomor 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds adalah telah tepat dengan terpenuhinya unsur-unsur Pasal 127 Ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika telah terbukti dengan dinyatakannya terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika. Hambatan – Hambatan Dalam Pemidanaan Penyalahgunaan Kasus No. 65/Pid.Sus/2020/PN.Kds telah tepat karena hakim sudah menjatuhkan dengan melihat alat bukti yang sah tersebut dan barang-barang bukti sudah terkandung fakta-fakta yang terungkap di dalam persidangan yang meyakinkan hakim untuk menjatuhkan putusan tindak pidana Penyalahgunaan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri itu benar terjadi dan terdakwalah yang bersalah melakukannya, sehingga Majelis Hakim menjatuhkan Pidana terhadap Terdakwa. Kata Kunci : Pemidanaan, Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:13
Last Modified: 07 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item