TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG)

Taufiqurrohman, Ahmad (2021) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (516kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (232kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (436kB)

Abstract

Salah satu tindak pidana yang dilakukan oleh masyarakat adalah tindak pidana pembunuhan, pembunuhan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja untuk menghilangkan/merampas nyawa orang lain, pembunuhan memiliki tujuan untuk menghilangkan dan merampas nyawa orang lain, tindak pidana pembunuhan biasanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi tindak pidana ini juga dilakukan oleh anak seperti yang dilakukan terdakwa Ibran Jaya Perkasa Bin Devi Satria yang dengan Turut serta melakukan pembunuhan yang disertai dengan tindak pidana lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pemidanaan tentang pembunuhan sehingga hakim dapat memberikan surat Putusan Pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur di Pengadilan Negeri Semarang,(2) Untuk mengetahui apa yang menjadi pertimbangan bagi Hakim dalam penjatuhan sanksi pidana sehingga Hakim memberikan surat Putusan Pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan adalah Yuridis Sosiologis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka dan wawancara, serta kajian peraturan Perundang-Undangan, data dari putusan dan Peraturan-Peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Hasil Penelitian hukum ini adalah 1) Pemidanaan bagi pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur yaitu terdakwa atas nama Ibran telah terbukti bersalah melanggar Pasal 339 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP yang telah memenuhi semua unsur dan dan hakim menjatuhkan pidana penjara 10 (sepuluh) tahun. 2) Pertimbangan bagi hakim dalam penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur di Pengadilan Negeri Semarang adalah pertimbangan yang memberatkan yaitu perbuatan terdakwa sangat meresahkan masyarakat luas, perbuatan tergolong sangat sadis, dalam memberikan keterangan terdakwa berbelit-belit sedangkan sesuai dengan yang terdapat dalam Putusan Nomor :7/Pid.Sus-Anak/2018/PN smg tidak ada hal-hal yang meringankan kepada terdakwa Ibran. Kata Kunci: Pemidanaan, pembunuhan, pertimbangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:12
Last Modified: 07 Jan 2022 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item